Siswa SMKS Al-Ittihad Cianjur Produksi Yogurt, Cuka dan Sabun

Siswa SMKS Al-Ittihad Cianjur Produksi Yogurt, Cuka dan Sabun

Para siswa SMKS Al-Ittihad Cianjur jurusan analis laboratorium memperlihatkan minuman yogurt, cuka hingga sabun hasil produksi sendiri. (Moch Nursidin/CIANJUR EKSPRES)--

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Para siswa SMKS Al-Ittihad Cianjur jurusan analis laboratorium, mampu membuat minuman yogurt, cuka hingga sabun dan sudah dipasarkan. Bahkan, dalam seminggu mereka mampu membuat sebanyak 500 pcs yogurt.

 

 

Alfina Muna Maitsa, Siswi Kelas 12 SMKS Al-Ittihad, mengatakan, para siswa di SMKS Al-Ittihad memang telah diajarkan untuk membuat olahan makanan dan minuman.

 

 

“Kita bikin cuka, yogurt dan sabun yang sedang diproses. Tapi rencananya ke depan kita akan coba membuat minyak wangi sendiri, kalau untuk yogurt dan cuka ini sudah dipasarkan,” kata dia kepada  Cianjur Ekspres, Kamis 8 Agustus 2024. 

BACA JUGA:Bupati Cianjur Lepas Siswa Pertukaran Pelajar SMP Yachimata Jepang

 

Dia mengungkapkan, untuk produk makanan dan minuman yang mereka buat, pemasarannya masih di lingkungan sekolah. Sementara untuk sabun masih dipakai sendiri, misal untuk cuci tangan yang disimpan di sekitar keran.

 

 

“Untuk yogurt ada rencana pemasaran ke luar. Pembuatannya dalam seminggu kita mampu membuat sebanyak 500 pcs,” katanya.

 

 

Untuk bahan bakunya, lanjut dia, seperti susu murni mereka beli sendiri langsung dari peternakannya dan proses pembuatan dilakukan di sekolah.

BACA JUGA:Minat Sekolah di Madrasah Meningkat, Kakan Kemenag Cianjur: Prioritaskan Kualitas Ketimbang Kuantitas

 

 

“Proses pembuatan, pertama ada pengurus lab, pertama diajarkan oleh guru, terus selanjutnya kita ngolah sendiri sampai penjualannya. Pembuatan sudah berjalan lima tahun. Pemasarannya masih di lingkungan sekolah,” ujar Alfina.

 

“Harapannya kita bisa menjual ke masyarakat umum, juga disebarkan supaya masyarakat tahu bahwa kita bisa menghasilkan produk ini, walaupun di dalam lingkungan pesantren,” sambungnya.

 

 

Dia menambahkan, di SMKS Al-Ittihad juga ada pengujian lab, dimana mereka menguji air, tanah, dan udara.

BACA JUGA:Siswa SMP Yachimata Jepang Kunjungi SMPN 1 Cianjur

 

“Kita buka pengujian lab lingkungan juga, jadi kami menguji air, tanah, udara di lab kami,” ujarnya.

 

Sumber: