Bupati Herman Distribusikan Air Bersih ke Warga Terdampak Bencana Kekeringan di Cibeber Cianjur

Bupati Herman Distribusikan Air Bersih ke Warga Terdampak Bencana Kekeringan di Cibeber Cianjur

Bupati Cianjur, Herman Suherman turun langsung mendistribusikan air bersih ke warga yang terdampak bencana kekeringan di wilayah Desa Cimanggu, Kecamatan Cibeber, Senin 2 September 2024. --

CIANJUR,CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Bupati CIANJUR, Herman Suherman turun langsung mendistribusikan air bersih ke warga yang terdampak bencana kekeringan di wilayah Desa Cimanggu, Kecamatan Cibeber, Senin 2 September 2024. 

Sebanyak tiga truk tangki milik Perumdam Tirta Mukti Kabupaten Cianjur diterjunkan untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga di Kampung Pasanggrahan dan Kampung Bolang. Total 12 ribu liter air bersih yang disalurkan. 

"Begitu dapat informasi ada salah satu desa di Cibeber yakni Desa Cimanggu kekeringan, kita langsung membawa tiga truk tangki air dengan total kapasitas 12 ribu liter," kata Herman kepada wartawan. 

Selain mengerahkan truk tangki, rencananya juga akan dikirimkan sepeda motor roda tiga atau cator untuk menyuplai air dari sumber mata air. 

BACA JUGA:Musim Kemarau, Perumdam Tirta Mukti Cianjur Siapkan Empat Truk Tangki Air Bersih

BACA JUGA:Hingga Agustus 2024, Kabupaten Cianjur Terbesar Pertama Realisasi Penerbitan NIB di Jawa Barat

"Saya mohon kepada masyarakat yang kekurangan air, cepat lapor ke kepala desa, nanti dilaporkan ke camat. Perumdam saya perintahkan 24 jam harus standby, sehingga kalau ada kekurangan air kita kirimkan," tutur Herman. 

Lebih lanjut Herman mengatakan, ke depan perlu ada langkah yang riil dalam penanganan krisis air bersih untuk jangka waktu yang lama. Salah satunya dengan membuatkan sumur bor. 

"Dalam jangka waktu lama ini harus diprogramkan, nanti kita desain satu RT atau RW satu sumur bor," katanya. 

Sementara itu, Ketua RT 01/RW 02 Kampung Pasanggrahan, Desa Cimanggu, Apit (70), mengaku bersyukur dengan adanya bantuan langsung air bersih. Pasalnya warga di kampung tersebut sudah lama mengalami krisis air bersih akibat kekeringan saat musim kemarau. 

"Alhamdulillah dengan bantuan (air bersih,red) langsung dikirim. Sudah lama (kekeringan,red) hampir sekitar dua bulan," katanya.

Sumber: