ITDC: MotoGP 2024 Ajang Pacu Ekonomi dan Pariwisata Nasional

ITDC: MotoGP 2024 Ajang Pacu Ekonomi dan Pariwisata Nasional

Foto udara tikungan ke-10 Pertamina Mandalika International Street Circuit untuk gelaran MotoGP di KEK Mandalika, Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). (Foto: ANTARA)--

JAKARTA,CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) mengatakan gelaran MotoGP 2024 di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat pada 27-29 September, merupakan ajang untuk memacu perekonomian, serta pariwisata nasional.

"Karena ini adalah salah satu event internasional yang bisa mengangkat perekonomian dan juga sektor pariwisata melonjak sangat cepat. Buktinya sampai menembus angka di atas Rp3 triliun pada tahun lalu," kata Direktur Komersial PT ITDC Troy Reza Warokka dalam acara Weekly Press Brief With Sandi Uno (WBSU) di Jakarta, Senin 9 September 2024.
 
Dirinya mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan side event dalam gelaran tersebut untuk menarik lebih banyak minat wisatawan domestik maupun internasional, seperti Riders Spirit yang digelar pada 25 September, yang diikuti oleh seluruh pembalap MotoGP 2024.
 
Troy menyampaikan, pada saat pembukaan acara tersebut, pihaknya juga menyiapkan 200 personel yang menunjukkan kolaborasi kebudayaan Indonesia. Saat ini menurut dia, persiapan penyelenggaraan tersebut sudah menyentuh angka 80 persen lebih.
 
Lebih lanjut, ia mengatakan untuk penjualan tiket, pihak ITDC sudah melakukan kolaborasi bersama gerai penjualan untuk melakukan promosi, seperti halnya dengan Bank Mandiri yang memberikan program Rp1 untuk tiket MotoGP 2024 Mandalika.
 
"Program Rp1 bersama Bank Mandiri itu sudah langsung terlepas 1.000 tiket lebih dan beberapa/termasuk tiket untuk VIP," kata dia.
 
Pengelola Pertamina Mandalika International Circuit, Nusa Tenggara Barat, mengumumkan penutupan sementara sirkuit bagi masyarakat umum dalam rangka mempersiapkan berbagai fasilitas pendukung jelang ajang MotoGP Indonesia pada 27-29 September 2024.
 
Selama periode penutupan ini, tim teknis dan staf operasional akan melakukan berbagai perbaikan dan peningkatan fasilitas untuk memastikan sirkuit berada dalam kondisi optimal.
 
Persiapan mencakup perbaikan dan peningkatan fasilitas sirkuit seperti lintasan (track), paddock, dan inner-circuit, termasuk penambahan atap di tribun Grandstand A.

Sumber: antara