Mempercepat Pertumbuhan, Dishub Jabar Lakukan Kolaborasi Digital Transportasi

Mempercepat Pertumbuhan, Dishub Jabar Lakukan Kolaborasi Digital Transportasi

-Istimewa-

BANDUNG, CIANJUREKSPRES - Kepala Dinas Perhubungan Jabar Ahmad Koswara mengatakan, Seminar Nasional yang diselenggarakan pihaknya merupakan upaya meningkatkan kolaborasi antar-Dishub di Jabar. Apalagi transportasi merupakan salah satu komponen yang dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Hal itu dikatakan Kadishub Jawa Barat Ahmad Koswara, pada Seminar Nasional bertema "Digitalisasi sebagai Upaya Perbaikan Tata Kelola dan Integrasi Layanan Transportasi di Jabar" dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional 2022 di Hotel Grand Preanger Bandung.

Dalam seminar tersebut, digagas pula kolaborasi kesepakatan komitmen bersama terkait digitalisasi layanan transportasi umum. 

"Langkah kolaborasi digital, diambil sebagai momentum strategis, langkah awal peningkatan layanan transportasi di Jabar," kata Kadishub Jabar.

BACA JUGA:Menparekraf Sandiaga Uno Optimistis Situs Gunung Padang Cianjur Mampu Capai Kunjungan 1.9 Juta Wisman Tahun In

Adapun contoh digitalisasi transportasi yang sudah berjalan yakni sistem pembayaran di jalan tol, pembayaran angkutan umum bus Trans Metro Bandung atau Trans Pasundan.

Ia juga menambahkan dalam rangka percepatan peningkatan layanan transportasi hal ini juga digagas ada kolaborasi berupa kesepakatan komitmen bersama  beberapa pihak, berupa digitalisasi pembayaran pada layanan transportasi umum ini sebagai langkah untuk mendorong perbaikan proses penyelenggaraan transportasi secara keseluruhan. 

"Langkah kolaborasi digitalisasi pembayaran ini di kita ambil sebagai momentum strategis langkah awal kita dalam peningkatan layanan transportasi di Jawa Barat. Mengingat potensi stakeholder di Jawa Barat ini sudah siap disinergikan melalui integrasi digital. jadi hal ini akan berdampak pada percepatan transformasi proses pelayanan lainnya.Dan ini juga sebagai upaya dalam perbaikan tata kelola integrasi layanan di seluruh Jawa Barat,"ucapnya.

BACA JUGA:Hadirkan Program Figur Inspiratif UMKM, BRI Ajak Pelaku Usaha Semakin Bertumbuh

Ia juga berharap dengan menerapkan digitalisasi kepada masyarakat dapat meningkatkan modal kendaraan umum dan meningkatkan terjadinya efisiensi biaya transportasi sehingga pada ini dapat meningkatkan ekonomi. 

Sementara Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, Pemda Provinsi Jabar terus berupaya menghadirkan pelayanan yang aman dan nyaman di sektor perhubungan. Salah satunya, digitalisasi layanan transportasi yang dapat diterapkan sebagai upaya perbaikan tata kelola sekaligus integrasi layanan.

"Digitalisasi tidak bisa ditawar lagi, mulai dari pembayaran transportasi secara digital, baik darat, laut, udara," ucapnya.

BACA JUGA:Antusias Tinggi, Jumlah Pendaftaran Petmil Dishut Lampaui Target

Menurut  Uu Ruzhanul, Jabar akan senantiasa mendukung inovasi di sektor perhubungan. Tujuannya  agar stakeholders sektor perhubungan di Jabar dapat melayani masyarakat dengan paripurna.

Sumber: