Bupati Cianjur Tinjau Lokasi Longsor di Selagedang Cianjur

Bupati Cianjur Tinjau Lokasi Longsor di Selagedang Cianjur

Bupati Cianjur, Herman Suherman, meninjau langsung kondisi rumah warga yang rusak akibat bencana tanah longsor di Kampung Warungkuda RT 03/RW 09, Desa Selagedang, Kecamatan Cibeber Cianjur, Senin (10/10/2022).(istimewa)--

CIANJUR, CIANJUR EKSPRES - Bupati Cianjur, Herman Suherman, meninjau langsung kondisi rumah warga yang rusak akibat bencana tanah longsor di Kampung Warungkuda RT 03/RW 09, Desa Selagedang, Kecamatan Cibeber Cianjur, Senin (10/10/2022). 

Didampingi BPBD Cianjur dan Pemerintah Desa Selagedang melihat kondisi rumah warga yang terdampak bencana longsor.

BACA JUGA:Pasca Banjir, Begini Kondisi Jembatan Gantung Sukatani di Leles Cianjur

"Jadi tadi yang terkena (longsor, red) ada empat rumah. Yang empat rumah darurat akan saya alihkan ke tanah desa, tapi tanah yang bersangkutan tidak boleh dibangun lagi. Nanti ruislag dengan desa untuk ditanami pohon keras," kata Herman saat dihubungi.

"Pembangunannya akan diberikan stimulan, bagi yang tidak mampu akan dibangunkan yang layak," sambungnya.

BACA JUGA:Sekda Cianjur Tak Ambisi Maju di Pilkada 2024

Selain itu, jelas Herman, ada sekitar 40 unit rumah warga yang termasuk rawan dan akan diusulkan dibangun rumah sederhana di tanah desa.

"Sekampung gak boleh lagi dipakai untuk bangunan, untuk hutan karena tebingnya hampir 60 derajat (kemiringannya, red) berbahaya," katanya. 

Herman mengaku sudah menginstruksikan Kepala BPBD Cianjur untuk segera mengajukan anggaran dari Belanja Tidak Terdua (BTT) karena bencana alam.

"Kepada masyarakat Cianjur yang tinggal di tebing, apalagi sekarang menurut BMKG hujan sampai akhir Oktober agar waspada dan hati-hati. Termasuk masyarakat di tepi sungai, pantai dan pegunungan juga hati-hati karena diprediksi sampai akhir Oktober hujan terus menerus," imbaunya.

Sumber: