Program Dawala Disdukcapil Cianjur Sambangi Yayasan Rumah Pulih Jiwa

Program Dawala Disdukcapil Cianjur Sambangi Yayasan Rumah Pulih Jiwa

PEREKAMAN : Petugas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur saat memberikan pelayanan program Datangi Warga Layani (Dawala) di Yayasan Rumah Pulih Jiwa.(Ayi Sopiandi/Cianjur Ekspres)--

CIANJUR, CIANJUR EKSPRES - Sebanyak 14 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Yayasan Rumah Pulih Jiwa, Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur bakal segera memiliki KTP. 

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) menyambangi langsung tempat pengobatan para ODGJ tersebut.

BACA JUGA:Masih di Bawah Target, Realisasi PAD Wisata Cianjur Baru 29,5 Persen

Kepala Bidang Pencatatan Sipil Dinas Pencatatan Sipil Kabupaten Cianjur Fauzy R Rajab mengatakan, bahwa kegiatan perekaman langsung tersebut merupakan salah satu layanan unggulan Disdukcapil yang sudah berjalan sejak beberapa bulan lalu, yakni datangi warga layani (Dawala). 

"Hari ini (Rabu 19/10) petugas dari Disdukcapil memberikan pelayanan Dawala di Yayasan Rumah Pulih Jiwa di Kecamatan Ciranjang," kata Fauzy, Rabu (19/10).

BACA JUGA:Disdikpora Cianjur Belum Terima Laporan Kondisi SDN Bangbayang 2 Gekbrong

"Dawala ini sebagai bentuk pelayanan khusus bagi masyarakat, terutama bagi mereka yang memang berkebutuhan khusus sehingga tidak bisa datang langsung ke layanan Adminduk," tambahnya.

Dia menjelaskan, pelayanan Dawala ini bisa dilakukan minimal satu minggu tiga kali namun jika ada permintaan tentunya akan tetap dilayani. 

"Pelayanan Dawala ini tak hanya bagi mereka ODGJ namun bagi masyarakat umum," ujarnya. 

BACA JUGA:Harga Telur Tembus Rp27 Ribu/kg, Ukuran Tempe Diperkecil

Selain itu lanjut Fauzy, seperti pelayanan perekaman KTP bagi anak sekolah yang usianya sudah mencukupi umur Dawala juga akan melayaninya. 

"Pada dasarnya Disdukcapil Cianjur berkomitmen untuk memberikan layanan maksimal administrasi kependudukan mulai dari surat pindah, perekaman, KK, Akte lahir," paparnya.

Sumber: