Catat! ini 6 Manfaat Jamu Untuk Kesehatan

Catat! ini 6 Manfaat Jamu Untuk Kesehatan

ilustrasi jamu.(pixabay)--

CIANJUR, CIANJURESKPRES- Jamu merupakan minuman khas tradisional Indonesia yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Tak mengherankan di era yang masih modern ini jamu masih mudah untuk didapatkan. Baik dengan membuat secara langsung atau membeli di toko online.

BACA JUGA:Inilah 5 Buah Penurun Darah Tinggi Terenak, Wajib Coba!


Saat ini juga banyak sekali jamu yang beredar di pasaran dalam bentuk praktis.

Dikenal dengan khasiatnya, tak sedikit orang yang masih mengkonsumsi jami.

Dilansir dari disway.id, berikut ini merupakan manfaat jamu yang tak banyak orang ketahui.

BACA JUGA:Jarang Diketahui, Ini Manfaat Makan Dua Buah Alpukat Dua Kali Dalam Seminggu


1. Melancarkan sistem pencernaan

Jamu memiliki segudang manfaat untuk tubuh kita, salah satunya dapat melancarkan sistem pencernaan.

Temulawak merupakan salah satu rimpang yang memiliki kandungan flavonoid, selulosa, protein, serta minyak atsiri yang mampu mengatasi gangguan organ hati, sebagai anti-kanker, dan anti-radang.

Jamu ini juga memiliki mandaat untuk melancarkan buang air besar, diare dan membakar lemak.

Kemudian dengan menyeduh temulwak dan jahe, dapat membantu mengatasi perut yang kembung. Akan tetapi untuk tetap menjaga stamina, konsumsi terhadap jamu ini tidak dianjurkan dengan berlebihan.

 

BACA JUGA:Wow 5 Buah Ini Bisa Bikin Kulit Glowing, Yuk Dicoba!


2. Mengurangi rasa cape

Minuman wedang jahe dan yang terbuat dari rimpang merupakan salah satu contoh minuman tradisional yang dapat meghilangkan rasa cape.

Kandungan jamu biasanya berbahan jahe, sereh, jeruk nipis, dan kapulaga memiliki kandungan khasiat untuk dapat menringakan rasa cape, sakit kepala hingga menghangatkan tubuh.

Jamu ini ketika disajikan saat hangat, akan menghasilkan aroma yang membuat badan menjadi rileks.

3. Dapat meningkatkan nafsu makan

Kandungan jamu dengan temulawak, beras kencur dan bahan lainnya ternyata dapat membantu meningkatkan nafsu makan.


Selain itu, jamu temulawakini mengandung senyawa kurkumin, selulosa, serta protein yang punya manfaat baik bagi kesehatan saluran cerna.

4. Menjaga Kadar Gula Dalam Darah

Jamu ini dari brotowali dan madu, cara meraunya cukup mudah. Anda sediakan beberapa lembar daun brotowali kemudian direbut. Setelah matang tambahkan madu.

Kasiat jamu ini dapat membantu menjaga kadar gula darah agar tetap dalam keadaan normal. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk mengkonsumsi makanana yang sehat yang bergizi.

5. Menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan

Salah satu jamu yang dapat menjaga kecantikan pada kulit adalah paitan brotowali. Paitan ini memiliki sifat yang dapat membantu membersihkan racun dalam tubuh, menangkal gatal hingga dapat membantu melawan alergi. Selain itu juga dapat membuat kulit terasa lebih awet muda.

6. Dapat membantu meningkatkan imunitas pada tubuh

Rempah-rempah yang terkandung dalam minuman jamu tradisional manfaatnya tidak hanya sebagai penghangat di kala cuaca dingin, tetapi juga untuk meningkatkan imunitas tubuh, serta meredakan flu dan batuk karena mempunyai kandungan antioksidan tinggi. Maka tak heran, jika rajin minum ramuan tradisional membantu tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit.



Demikain merupakan penjelasan mengenai manfaat jamu. Semoga bermafaat.

Sumber: disway.id