Optimalkan CEKAS di Seluruh Puskesmas, Dinkes Cianjur: Target Tahun Ini 100 Ribu Masyarakat Terlayani

Optimalkan CEKAS di Seluruh Puskesmas, Dinkes Cianjur: Target Tahun Ini 100 Ribu Masyarakat Terlayani

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur dr Irvan Nur Fauzy saat memantau pelayanan CEKAS di Kegiatan Desa Manjur di Desa Cikaroya, Kecamatan Warungkondang, Senin (7/11/2022).(istimewa)--

CIANJUR, CIANJUR EKSPRES - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur tengah mengoptimalkan program Cek Kesehatan Masyarakat Cianjur (CEKAS MANJUR) di seluruh puskesmas yang ada di Cianjur. 

“Saat ini ada lebih dari 40.000 masyarakat yang terlayani CEKAS, targetnya tahun ini kita ingin capai angka 100.000,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, dr Irvan Nur Fauzy ditemui disela-sela kegiatan Desa Manjur di Desa Cikaroya, Kecamatan Warungkondang, Senin (7/11/2022).

BACA JUGA:Besok, Bupati Cianjur akan Tinjau Lokasi Banjir Bandang di Cidaun dan Sindangbarang

Kedepannya, kata Irvan, Dinkes mengupayakan agar CEKAS bisa menyasar seluruh masyarakat dengan usia produktif di Cianjur yang jumlahnya mencapai 1.600.000 jiwa. 

“Jadi nanti 1.600.000 orang ini sepanjang tahun harus kontak dengan CEKAS,” katanya.

BACA JUGA:Kerahkan Tiga Eskavator, Dinas PUTR Cianjur akan Pasang Jembatan Darurat di Cimaragang Cidaun

Menurutnya, jika dari hasil pemeriksaan di CEKAS terdapat warga yang sakit, nanti akan melahirkan rekomendasi berupa rujukan pengibatan ke puskesmas maupun rumah sakit jika diperlukan. 

“Dan itu gratis juga (pengobatan) selama mereka (warga) memiliki BPJS,” katanya. 

Sementara, Bupati Cianjur Herman Suherman mengungkapkan, dengan adanya 42 titik Desa Manjur di seluruh Cianjur, bisa mengoptimalkan pelayanan pada masyarakat.

“Ini di Warungkondang sudah yang kedua kalinya. Warga yang sakit bisa datang ke Desa Manjur. Apapun keluhan masyarakat, datang saja ke Desa Manjur, pasti kita tangani, karena semua OPD hadir di sini,” kata Herman usai membuka Desa Manjur di Desa Cikaroya, Kecamatan Warungkondang.

Sumber: