Musim Penghujan, Harga Sayuran di Petani Cianjur Merangkak Naik

Musim Penghujan, Harga Sayuran di Petani Cianjur Merangkak Naik

PANEN: Petani hortikultura tengah memanen sayuran di area kebun Kampung Gunungputri, Desa Sukatani, Kecamatan Pacet. (Ayi Sopiandi/Cianjur Ekspres)--

CIANJUR, CIANJUR EKSPRES - Musim penghujan berdampak terhadap harga jual sayuran di tingkat petani khususnya di Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur. 

Beberapa jenis sayuran yang mengalami kenaikan diantaranya bawang daun Rp6 ribu, wangsih Rp30 ribu, poling Rp12 ribu dan kaelan Rp7 ribu per kilogram. 

BACA JUGA:OPD Tak Fokus IPM, Bupati Cianjur: Dikasih Bendera Hitam

Acep (43) salah satu petani sayuran asal Kampung Gunung Putri, Desa Sukatani, Kecamatan Pacet mengatakan, harga sayuran saat ini cendrung mengalami kenaikan. 

"Padahal musim penghujan, tapi beberapa jenis sayuran saat ini mengalami kenaikan," kata Acep, Rabu (9/11). 

Acep mengatakan, beberapa jenis sayuran yang mengalami kenaikan harga diantaranya daun bawang dari harga sebelumnya Rp3 ribu kini merangkak naik menjadi Rp6 ribu, poling horinso dari sebelumnya Rp7 ribu kini menjadi Rp12 ribu, wangsih dari sebelumnya Rp7 ribu kini melesat naik menjadi Rp30 ribu per kilogram. 

BACA JUGA:Sekda Cecep S Alamsyah Sebut Perlu Cara-cara Baru Meningkatkan IPM Cianjur

"Yang pasti memang belum semua mengalami kenaikan, namun sedikit membawa kabar baik bagi kami petani kecil," katanya. 

Sementara itu tengkulak sayuran asal Kampung Gunungputri Cutis (50) mengatakan, harga beli sayuran di petani saat ini memang kondisinya lagi membaik. 

"Sudah berjalan beberapa hari ini harga sayuran memang lagi naik, mungkin lagi banyak yang belanja di pasarnya," kata Cutis. 

BACA JUGA:DEMA STISNU Cianjur Gandeng BEM PTNU Jabar Galang Dana untuk Korban Bencana Cianjur Selatan

Cutis mengatakan, kenaikan harga ini bisa juga musim panen dibeberapa daerah penghasil sayuran saat ini tidak serentak sehingga mengakibatkan terjadinya kesulitan barang. 

"Mudah-mudahan naiknya harga ini bisa bertahan paling tidak hingga nanti menjelang tahun baru," pungkasnya.

Sumber: