Aktivis Lingkungan Minta Kementerian ESDM Transparan Soal Proyek Geothermal di Gunung Gede Pangrango

Aktivis Lingkungan Minta Kementerian ESDM Transparan Soal Proyek Geothermal di Gunung Gede Pangrango

--

CIANJUR, CIANJUR EKSPRES - Aktivis lingkungan mendesak Kementerian ESDM untuk transparan terkait proyek ekploitasi panas bumi atau geothermal di Gunung Gede Pangrango. 

Terlebih kaitan risiko dampak negatif dari proyek untuk pembangkit listrik tersebut. 

BACA JUGA:Empat Cabor Sumbang Perunggu untuk Cianjur di Porprov Jabar 2022

Relawan Indonesia Pembela Alam  (RIMBA) Eko Wiwid, mengatakan setiap proyek pembangunan  pasti ada efek negatif dan efek positif termasuk wacana rencana eksploitasi geothermal.

"Pasti ada dampak positif maupun negatif bagi warga sekitar. Tinggal bagaimana mengukur secara pasti rencana tersebut dampaknya bagi lingkungan hidup dan masyarakat yang tinggal di lokasi pembangunan tersebut," kata dia, Rabu (16/11).

BACA JUGA:Lima Rumah Rusak Akibat Pergerakan Tanah di Sindangbarang Cianjur

Dia menegaskan, Kementerian ESDM harus transparan memberikan informasi berkaitan dengan projek tersebut. 

"Informasi yang transparan ini penting, agar masyarakat paham. Tapi tidak hanya dampak positif, tetapi juga dampak negatifnya," ujar Eko. 

Menurut Eko, transparasi soal perencanaan proyek geothermal kepala masyarakat juga penting agar warga tidak menjadi objek untuk melancarkan izin ekploitasi.

BACA JUGA:Capaian PAD Masih Rendah, Komisi B Soroti Kinerja Disbudpar Cianjur

"Jika memang akan ada perencanaan projek. Ekplorasi Panas Bumi di Kawasan Sekitar Gunung Gede Pangrango atau Cipanas Cianjur Utara, kementrian ESDM  harus berani membuat cara baru, dengan  turun langsung menjelaskan perencanaan scara transparan kepada  masyarakat yang paling terdampak. Jangan sampai masyarakat hanya jadi objek formalitas untuk memenuhi syarat perijinan," ucapnya. 

Di sisi lain, dia juga meminta pemerintah harus bisa menjamin kepastian  keberlanjutan lingkungan hidup dan  berbagai aspek kehidupan. 

BACA JUGA:BRI Suguhkan BRILIANPRENEUR untuk Kepala Negara G20 di Bali, Dorong UMKM Go Global

Menurut Eko, dalam setiap pemberdayaan Sumber Daya Alam (SDA)  apapun harus berprinsip utama pada keberlangsungan pelestarian alam. 

Sumber: