Tingkat Hunian Hotel di Cianjur Saat Malam Tahun Baru Berkisar 70-80 Persen

Tingkat Hunian Hotel di Cianjur Saat Malam Tahun Baru Berkisar 70-80 Persen

ILUSTRASI TINGKAT HUNIAN: Salah satu hotel di kawasan Puncak Cipanas Le Eminence Hotel Puncak Ciloto Cipanas menjadi salah satu tempat yang selalu padat pengunjung.(istimewa)--

CIANJUR, CIANJUR EKSPRES - Tingkat hunian kamar (okupansi) hotel-hotel di Cianjur pada malam pergantian tahun 2022-2023, berkisar 70 hingga 80 persen.

Hal itu disampaikan Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Cianjur, Nano Indra Praja, Minggu (1/1/2023.

BACA JUGA:Intip 3 Entrepreneur Muda Pemenang Pengusaha Muda Brilian 2022

"Pada nyatanya, tingkat okupansi hotel di Cianjur pada pergantian tahun tadi malam sudah cukup baik, dikisaran 70 sampai 80 persen. Secara rata-rata," ujar Nano.

Peningkatan okupansi tersebut, hasil dari siasat manajemen perhotelan dengan menggalang charity atau donasi, tanpa euforia dan dengan hiburan yang secukupnya saja.

BACA JUGA:Kurangi Beban Lalulintas di Kawasan Puncak, Polisi Tutup Total Jalan Cianjur-Bogor Pukul 20.00 WIB

"Tapi kan yang namanya donasi tidak bisa dipaksakan. Kegiatan malam tahun baru pun tidak secara euforia sesuai imbauan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Cianjur," kata dia.

Sementara pada momen Natal 2022 lalu, okupansi baru capai 40 hingga 50 persen. Diperkirakan hal tersebut akibat kekhawatiran konsumen soal bencana yang terjadi di Cianjur beberapa waktu lalu.

"Namun seiring berjalannya waktu, kita yakinkan pada mereka kalau Cianjur aman, Cianjur bersih, Cianjur sudah siap dikunjungi. akhirnya konsumen antusias lagi, dan okupansi naik lagi ke angka 70 persen," ungkap Nano.

BACA JUGA:Komitmen Membangun Daerah, Budhy Setiawan Bangun Jalan Pertanian dari Utara Sampai Selatan Cianjur

Okupansi tahun 2022 dinilai masih lebih baik jika dibandingkan dengan tahun lalu atau saat pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) 2021. 

"Tahun lalu (2021) okupansi hanya 40-sampai 50 persen rata-rata karena PPKM," pungkasnya.

Sumber: