Disdikpora Cianjur Verifikasi Faktual Peserta Didik PKBM, Ini Alasannya!

Disdikpora Cianjur Verifikasi Faktual Peserta Didik PKBM, Ini Alasannya!

Tampak Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dna Olah Raga (Disdikpora) Kabupaten Cianjur.(Moch Nursidin/Cianjur Ekspres)--

CIANJUREKSPRES.DISWAY,ID,CIANJUR - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Kabupaten Cianjur, tengah melakukan verifikasi faktual (Verfak) peserta didik di 323 PKBM se Kabupaten Cianjur. 

Verfak tersebut dilakukan Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Masyarakat Disdikpora Kabupaten Cianjur. Tujuannya tidak lain berkaitan dengan data pokok pendidikan (Dapodik) siswa. 

Terlebih menurut Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Masyarakat Disdikpora Kabupaten Cianjur, Jajang Sutisna, verifikasi faktual tersebut merupakan pengetatan persyaratan yang harus dimiliki masing-masing siswa di setiap PKBM. 

BACA JUGA:BPBD Cianjur Imbau Masyarakat Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang

"Jadi semua yang ada di Dapodik harus dilengkapi, seperti formulir pendaftaran di PKBM itu, memiliki ijazah sebelumnya, kemudian siswa harus melampirkan di dokumentasi profil, melampirkan kartu keluarga KK/KTP, serta surat AKTA," kata dia kepada wartawan, Selasa 12 Maret 2024. 

Di sisi lain, Jajang juga mendorong PKBM untuk memiliki sarana dan prasarana berupa fasilitas ruang kelas yang lebih baik.

"Disamping itu, kita sedang menguatkan tempat atau sarana dan pembelajaran, di setiap PKBM juga harus ada daftar hadir dan jadwal pembelajaran," katanya.  

BACA JUGA:Dinkes Cianjur Imbau Atur Ritme Olah Raga dan Pola Makan Selama Ramadan

Inovasi-inovasi tersebut diharapkan Jajang, dapat menekan angka permasalahan di PKBM yang saat ini selalu mencuat. 

"Mudah-mudahan bisa meminimalisir permasalahan krusial terkait PKBM di lapangan," pungkasnya.

 

Sumber: