Dinkes Cianjur Imbau Atur Ritme Olah Raga dan Pola Makan Selama Ramadan

Dinkes Cianjur Imbau Atur Ritme Olah Raga dan Pola Makan Selama Ramadan

Ilustrasi Olah Raga Lari.(pixabay)--

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID,CIANJUR - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur, mengimbau masyarakat khususnya umat muslim yang menjalankan ibadah Ramadan 1445 Hijriah untuk tetap mengatur ritme olah raga dan menjaga pola makan saat berbuka puasa serta sahur. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal, mengatakan, bulan puasa tidak membatasi aktivitas masyarakat khususnya seperti olah raga. Hanya saja memang waktunya yang perlu diatur. 

"Artinya, bahwa di bulan Ramadan ini kegiatan olah raga itu memang perlu, tetapi harus disesuaikan dengan kondisi dilapangannya. Seperti pengaturan jadwal," katanya kepada Cianjur Ekspres, Selasa 12 Maret 2024.

BACA JUGA:MUI Cianjur:Jaga Toleransi di Bulan Suci Ramadan

Selain mengatur ritme olah raga, Yusman juga mengimbau masyarakat untuk menjaga pola makan selama Ramadan pada saat berbuka dan sahur.

 "Harus tetap menjaga gizi dengan makanan yang bergizi dan mengandung serat tinggi," katanya. 

Termasuk jelas Yusman, harus mengurangi makanan-makanan yang berminyak dan terjadinya penumpukan karbohidrat. 

"Jadi memang harus dipilah makanan awal yang bisa untuk di makan setelah Maghrib, kemudian juga kebutuhan karbohidrat harus diatur. Jangan sampai menumpuk semua satu jenis makanan yang mengandung karbohidrat, jadi memang semua harus seimbang," pungkasnya.

Sumber: