Diresmikan Menteri AHY, PLN Gandeng ATR/BPN Berdayakan Petani Asparagus Melalui Program TJSL

Diresmikan Menteri AHY, PLN Gandeng ATR/BPN Berdayakan Petani Asparagus Melalui Program TJSL

Seremoni peresmian TJSL peresmian asparagus tersebut pada Minggu 21 April 2024--

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID,CIANJUR  - PT PLN (Persero) berkolaborasi dengan Kementerian ATR/BPN (Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional) melalui program (TJSL) Tanggung Jawab Sosial Perusahaan berupa pilot project budidaya asparagus di Desa Cipendawa, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur. 

Cianjur sendiri memiliki potensi komoditas hortikultura tanaman sayuran asparagus yang memiliki prospek pengembangan yang baik karena bernilai ekonomi tinggi dan potensi pasar yang terbuka lebar.

“PLN tidak hanya menjalankan kegiatan bisnis ketenagalistrikan saja, melainkan juga berkontribusi pada kehidupan perekonomian, kesejahteraan, sosial dan pendidikan masyarakat, salah satunya melalui program TJSL penanaman asparagus di Desa Cipendawa ini. Melalui program ini, diharapkan kesejahteraan petani asparagus semakin meningkat,” ucap Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cianjur, Andre Pratama Djatmiko,  saat menghadiri seremoni peresmian TJSL peresmian asparagus tersebut pada Minggu 21 April 2024. 

BACA JUGA:Electrifying Agriculture Diminati Pelaku Budidaya Stroberi di Cianjur

Peresmian tersebut dihadiri langsung oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Agus Harimurti Yudhoyono. 

“Kerjasama ini merupakan bentuk nyata dari pelaksanaan program Reforma Agraria yang sinergis. Sinergi dan kolaborasi ini harus terus kita bangun dan kita tularkan ke wilayah lainnya bahkan di seluruh Indonesia,” kata AHY. 

Dia juga menyampaikan terima kasih pada Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo sehingga kolaborasi dalam program ini bisa terlaksana. 

BACA JUGA:Internal PKB Inginkan Lepi Ali Firmansyah Jadi Cabup Cianjur 2024

Dalam kesempatan tersebut, Menteri AHY juga menyerahkan sertifikat aset tanah milik PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat (UIT JBB) sebanyak 5 sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) kepada Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum PLN UIT JBB, M Eka Yuliartana dan General Manager UIT Jawa Bagian Tengah (JBB), Tejo Wihardiyono, didampingi Manager UP3 Cianjur, Andre Pratama Djatmiko. 

Sementara itu, Neti, petani di Desa Cipendawa, berterima kasih pada semua yang ikut berpartisipasi menanam asparagus ini. Ke depannya, ia berharap ada program pendampingan mulai dari penanaman, perawatan sampai dengan penjualan bagi para kelompok tani di desanya agar hasil budidaya asparagus tersebut makin berkembang.

Sumber: