Kenaikan Hanya 0,02 Persen, Angka Rata-rata Lama Sekolah di Cianjur Masih Terendah

Kenaikan Hanya 0,02 Persen, Angka Rata-rata Lama Sekolah di Cianjur Masih Terendah

Ilustrasi-Rata-rata Lulusan Sekolah (RLS) Cianjur masih rendah. --

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID,CIANJURRata-rata Lama Sekolah (RLS) di Kabupaten Cianjur masih berada di peringkat bawah dibandingkan dengan daerah lain di Jawa Barat. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) tengah berupaya untuk meningkatkan RLS agar bisa lebih meningkat.

Kepala Disdikpora Kabupaten Cianjur, Ruhli Solehudin, tidak menampik jika Cianjur masih berada di urutan bawah dalam hal RLS di Jawa Barat.

"Angka rata-rata sekolah Cianjur memang masih berada di peringkat bawah di Jawa Barat. Tapi ada kenaikan secara angka meskipun dari 2022 ke 2023 kenaikannya baru 0,02 persen," kata dia kepada wartawan, Kamis 2 Mei 2024.

BACA JUGA:Pj Gubernur Jabar Komitmen PPDB 2024 Tidak Ada Kecurangan

Ruhli mengungkapkan, di tahun ini pihaknya menargetkan angka RLS Cianjur bisa naik lebih tinggi peringkatnya di Jawa Barat. 

"Kita targetkan bisa naik minimal 0,1 tidak lagi 0,02 seperti tahun lalu. Dengan dorongan dari semua pihak diharapkan target tersebut bisa tercapai," harapnya.

Terpisah, Bupati Cianjur Herman Suherman, mengakui bahwa angka RLS Cianjur memang masih setara dengan kelas 7 SMP.

BACA JUGA:Komisi X Harap Asesmen Bakat dan Minat Efektif Petakan Potensi Siswa

"RLS kita setara SMP kelas 7 mau ke kelas 8. Bahkan untuk angka harapan sekolah baru setingkat SMA," kata dia.

Herman mengungkapkan, Pemkab Cianjur akan berusaha untuk menaikan angka partisipasi sekolah dan rata-rata lama sekolah.

"Tapi hasilnya memang tidak instan, baru beberapa tahun ke depan terlihat hasilnya. Berbeda dengan indeks kesehatan ataupun ekonomi," katanya.

BACA JUGA:Fakultas Pertanian UGM Luncurkan Program DBA Pertama di Indonesia

"Kita tetap upayakan RLS naik sebagai indikator IPM, bahkan tidak hanya digenjot sampai SMA tetapi kita tengah tingkatkan partisipasi pendidikan hingga jenjang perkuliahan. Momen Hardiknas hari ini juga kita akan jadikan momen untuk menggenjot pendidikan di Kota Santri ini," ujarnya. 

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), RLS Cianjur di tahun 2022 berada di angka 7,20 tahun dan di 2023 naik di angka 7,22 tahun.

Sumber: