Kemenag Cianjur Persiapkan Pelaksanaan Pemberangkatan Jemaah Haji

Kemenag Cianjur Persiapkan Pelaksanaan Pemberangkatan Jemaah Haji

PERSIAPAN: Kepala Seksi Haji Kemenag Cianjur, Rian Fauzi menyebut tengah mempersiapkan pemberangkatan jemaah haji bisa berjalan dengan baik. (Foto: Mochamad Nursidin/CIANJUR EKSPRES)--

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID,CIANJUR - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Cianjur mulai melakukan pembahasan persiapan pelaksanaan keberangkatan haji asal Kabupaten Cianjur tahun 2024. Bahkan, Kemenag sudah melakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait untuk kelancaran pemberangkatan para calon jemaah haji.

Kepala Seksi Haji Kemenag Cianjur, Rian Fauzi mengatakan, atas nama panitia penyelenggara ibadah haji daerah Kabupaten Cianjur tahun 2024, pihaknya telah melaksanakan rapat gabungan persiapan keberangkatan haji asal Cianjur.

"Alhamdulillah Kabupaten Cianjur tahun 2024 ini mendapatkan kuota 1.436 jemaah. Ada kenaikan dari tahun sebelumnya. Jemaah haji asal Kabupaten Cianjur ini dibagi ke dalam empat kelompok terbang. Kloter pertama yaitu JKS07 akan diberangkatkan pada 13 Mei 2024 sebanyak 432 jemaah ditambah 8 petugas haji, jadi totalnya 440," kata dia kepada wartawan, Selasa 7 Mei 2024.

BACA JUGA:Bupati Cianjur Launching Gebrak Roasting di Desa Sukamanah Kecamatan Cibeber

Kemudian, lanjut dia, kloter 22 pada 21 Mei akan diberangkatkan bersama jemaahnya sebanyak 432 ditambah 8 petugas dengan total 440. Kemudian kloter 47 juga sama jumlah jemaahnya 432 di tambah 8 petugas 440 akan diberangkatkan pada 1 Juni 2024. 

"Kemudian ada kloter terakhir itu merupakan kloter tambahan gabungan antara Kabupaten Bekasi, Kabupaten Cianjur, dan Kota Cimahi. Untuk jemaah dari Kabupaten Cianjur sebanyak 116 jamaah," kata Rian.

Rian mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan persiapan rapat gabungan dengan instansi terkait untuk mengantisipasi keamanan. Yang diamankan ini bukan hanya barang, koper, tapi juga jemaah dan para pendamping jemaah yang sudah menjadi budaya satu jemaah sampai 10 mobil yang mengantar.

BACA JUGA:Memenuhi Syarat, 580 Calon Anggota PPK di Cianjur Ikuti Tes CAT

"Oleh karena itu kami koordinasikan dengan dinas terkait melalukan rapat gabungan untuk mempersiapkan dan mengantisipasi segala sesuatunya mulai dari penerimaan koper H-2, kemudian persiapan kedatangan jemaah haji yang dari Cianjur selatan, biasanya mereka suka nginep di sini," katanya.

Kemudian, masih kata Rian, setelah itu pihaknya mempersiapkan kantong-kantong parkir bagi pengantar jamaah haji. Dan sampai ke teknis pemberangkatan bis yang akan memberangkatkan jemaah haji ini sekarang menjadi 11 rombongan. Satu rombongannya 40, satu kloter 440. 

"Dan Insya Allah keberangkatan jemaah haji asal Cianjur senantiasa diberikan kemudahan, kelancaran, dan semuanya berangkat, selamat sampai tanah suci, kemudian sampai ke tanah air utuh tidak ada yang tertinggal apalagi yang meninggal," kata Rian.

BACA JUGA:Kasus Pernikahan Sesama Jenis di Cianjur Berakhir Damai, Ayah AK: Islah Karena Iba

"Dan imbauan kepada seluruh jemaah haji untuk mengantisipasi kemacetan dimohon bagi pengantarnya tidak lebih dari satu mobil. Itu diusahakan . Karena kasian arus lalu lintas bisa tersendat," pungkasnya.

Sumber: