Memenuhi Syarat, 580 Calon Anggota PPK di Cianjur Ikuti Tes CAT

Memenuhi Syarat, 580 Calon Anggota PPK di Cianjur Ikuti Tes CAT

PANTAU: Ketua KPU Cianjur Muchammad Ridwan saat memantau pelaksanaan CAT bagi calon PPK di SMKN 1 Pacet, kemarin (6/5). (Foto: Rikzan RA/CIANJUR EKSPRES)--

CIANJUREKSPRES.DISWAY.IDJumlah pendaftar Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Cianjur membludak. Namun hanya 580 dari 1.070 yang mendaftar lolos untuk mengikuti tahap pengujian berbasis komputer atau Computer Assisted Test (CAT).

Berdasarkan data dari situs Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad hoc (SIAKBA) Komisi Pemilihan Umum (KPU), tercatat 1.070 peserta yang mendaftar sebagai PPK dan hanya 713 diantaranya yang menyerahkan berkas fisik.

Ketua KPU Kabupaten Cianjur M Ridwan menyebutkan, dari 713 peserta, 580 peserta dinyatakan memenuhi syarat dan sisanya gagal melanjutkan ke tahap pengujian berbasis komputer atau Computer Assisted Test (CAT) yang diadakan di SMK Negeri 1 Pacet, pada Senin 6 Mei 2024.

BACA JUGA:Yonif 300/Brajawijaya Laksanakan Serah Terima Jabatan Komandan Batalyon

"Kita adakan tes CAT selama tiga hari mulai hari ini sampai Rabu, 8 Mei 2024. Seluruh peserta dari 32 kecamatan di Cianjur yang lulus administrasi ikuti CAT yang dilaksanakan SMK Negeri 1 Pacet. CAT ini juga dilakukan serentak se-Indonesia," ujarnya saat ditemui Cianjur Ekspres.

Di hari pertama, lanjut Ridwan, kurang lebih 200 peserta ikut tes di gelombang pertama yang dibagi menjadi tiga sesi dalam sehari. KPU juga menyewa lima ruang Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) milik sekolah untuk proses CAT.

"Kita pilih sekolah ini karena fasilitas server, jaringan, dan jumlah komputernya memenuhi standar. Dalam satu ruangan ada 15 sampai 20 peserta yang jalani CAT," jelasnya.

BACA JUGA:Kepala OPD dan Sekda Cianjur Islah, Rustam Effendi: Mudah-mudahan Tidak Terjadi Lagi

Kata dia, dari hasil CAT pihaknya akan menjaring 15 orang per kecematan atau total 480 peserta dengan nilai tertinggi untuk nantinya jalani tahapan berikutnya yakni tes wawancara.

"Saat ini kita jaring tiga kali kebutuhan panitia PPK yang jumlahnya lima orang. Jadi tiap kecamatan diambil 15 orang dengan nilai tertinggi untuk tahap tes wawancara," jelasnya

Dia juga menyebut jika para anggota PPK yang sebelumnya bertugas pada Pemilu 2024 pada 14 April lalu seluruhnya ikut dalam proses pemilihan anggota PPK Pilkada 2024.

BACA JUGA:Komisi D Dorong Pemkab Cianjur Segera Perbaiki Sekolah Rusak

"Anggota PPK Pemilu sebelumnya 100 persen ikut mendaftar kembali untuk PPK Pilkada," kata Ridwan.

Terpisah, salah satu peserta CAT untuk PPK Cipanas, Selvita (24) warga Kampung Sindanglaya, Desa Sindanglaya, Kecamatan Cipanas mengatakan dirinya sudah lolos 15 besar dan akan ikut tes wawancara untuk penentuan lima orang PPK.

Sumber: