Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Cianjur, Ecky Ajak Masyarakat Jaga Persatuan dan Kesatuan Pasca Pilpres

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Cianjur, Ecky Ajak Masyarakat Jaga Persatuan dan Kesatuan Pasca Pilpres

Anggota MPR RI Ecky Awal Mucharam dalam sosialisasi empat pilar kebangsaan di Cianjur, Sabtu 11 Mei 2024.(istimewa) --

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID,CIANJUR - Anggota MPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor, Ecky Awal Mucharam, menggelar Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Cianjur, Sabtu 11 Mei 2024. 

Kegiatan yang digelar di salah satu hotel di Cianjur ini diikuti para tokoh masyarakat dari berbagai kecamatan. 

Dalam kegiatan tersebut, Ecky mengajak tokoh masyarakat untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan pasca keputusan Mahkamah Konstitusi yang memenangkan Calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo- Gibran setelah diajukan sengketa Pilpres beberapa saat yang lau. 

"Setelah ditetapkannya Prabowo-Gibran oleh Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia, maka Pemilihan Presiden telah selesai dan Indonesia mempunyai Presiden baru menggantikan Joko Widodo," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Cianjur Ekspres, Sabtu 11 Mei 2024. 

BACA JUGA:Koper Milik Calon Jemaah Haji Berdatangan ke Asrama Haji Cianjur

"Kita berharap Presiden baru terpilih dapat membawa negeri ini menjadi negeri yang adil aman dan sejahtera dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Pemilu telah selesai dan saatnya kembali untuk sama-sama membangun negeri ini dengan segenap potensi yang kita miliki," imbuhnya. 

Lebih lanjut Ecky mengingatkan kembali untuk bersama menjaga pilar-pilar kebangsaan demi keberlangsungan bernegara. Yakni, Pancasila, Undang-Undang Dasar Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika yang merupakan hasil konsensus bersama.

"Karena itu, 4 Pilar ini wajib menjadi pedoman dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal ini perlu kita pahami dan wariskan terus kepada generasi muda agar siap mengambil alih estafet kepemimpinan di negeri ini," katanya. 

BACA JUGA:Perumdam Tirta Mukti Cianjur Dijadikan Model Penanganan Bencana Bidang Air Minum

Dalam paparannya, Ecky menjelaskan, bahwa Empat Pilar Kebangsaan adalah konsep yang menjadi penyangga berdirinya bangsa Indonesia. Adapun fungsi dari Empat Pilar Kebangsaan, diantaranya, menjadi tiang penyangga yang kokoh (soko guru) agar rakyat Indonesia merasa nyaman, aman, tenteram dan sejahtera serta terhindar dari berbagai macam gangguan dan bencana. 

Lalu, menciptakan masyarakat yang sejahtera dan harmonis, serta dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dan menjadi pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sekaligus mengukuhkan jiwa kebangsaan, nasionalisme, dan patriotisme generasi penerus bangsa untuk semakin mencintai dan berkehendak untuk membangun negeri.

"Setiap warga negara Indonesia harus memiliki keyakinan bahwa empat pilar tersebut adalah prinsip moral ke Indonesiaan yang memandu tercapainya kehidupan bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur yang merupakan tiang penyangga yang kokoh agar rakyat Indonesia merasa nyaman, aman, tentram, dan sejahtera, serta terhindar dari berbagai macam gangguan dan bencana," tegasnya. 

Ecky mengungkapkan, bahwa salah satu tugas MPR tentunya adalah untuk terus mensosialisasikan empat pilar kebangsaan ini ke masyarakat luas. 

"Sehingga bisa sama-sama menjaga pilar-pilar ini tetap kokoh apalagi masih ada residu setelah pelaksanaan pemilu yang lalu," pungkasnya. 

Sumber: