DLH Cianjur Dorong Masyarakat Memilah dan Mengolah Sampah Seiring Mulai Diaktifkan Kembali TPS3R

DLH Cianjur Dorong Masyarakat Memilah dan Mengolah Sampah Seiring Mulai Diaktifkan Kembali TPS3R

Kepala DLH Kabupaten Cianjur, Komarudin. --

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID,CIANJUR - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur, terus mendorong masyarakat untuk bisa memilah dan mengolah sampah dari rumah seiring mulai diaktifkan kembali 36 Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS3R). 

Kepala DLH Kabupaten Cianjur, Komarudin, mengatakan, kesulitan TPS3R selain sampahnya masih bercampur dan operasional yang minim. 

Dirinya pun menyarankan agar pemerintah desa yang terdapat TPS3R berkoordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) sesuai Permendes bisa menganggarkan untuk pengolahan sampah. 

BACA JUGA:Menhub Budi: Kita Perlu Karakter Baru Untuk Pemimpin Masa Depan Transportasi

"Ketika masyarakat sudah memilah mana yang organik dan non-organik dan B3 (bahan berbahaya beracun).  Nanti sampah organiknya ditarik oleh TPS3R dan yang non-organiknya itu bisa di jual," katanya kepada Cianjur Ekspres, Jumat 17 Mei 2024. 

Dia mengungkapkan, sejumlah TPS3R sudah mulai mengolah sampah, begitu pun dengan masyarakat. 

"Ada yang bekerjasama dengan TPS3R, ada juga yang memang sampah organiknya dijadikan kompos. Bagi halaman (rumah warga, red) yang kecil membuat biopori, kalau halamannya besar membuat lubang sampah, ketika di kubur (sampah, red) dalam beberapa bulan bisa jadi kompos," tutur Komarudin.

 

Sumber: