SMPN 3 Cipanas Cianjur Jaring Gaya Belajar Siswa

SMPN 3 Cipanas Cianjur Jaring Gaya Belajar Siswa

Siswa kelas VII SMP Negeri 3 Cipanas, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, tengah mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). (Foto: DEDE SANDI MULYADI/CIANJUR EKSPRES)--

CIANJURKSPRES.DISWAY.ID - SMP Negeri 3 Cipanas akan melaksanakan asesmen awal terhadap siswa kelas VII. Tujuannya untuk mengetahui gaya belajar siswa dan bahan evaluasi dalam menghadapi pola belajar siswa.

Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Cipanas, Saryati, menjelaskan, asesmen awal dilakukan untuk mengetahui kompetensi siswa kelas VII sebelum memasuki proses pembelajaran.

"Asesmen awal untuk melihat, apakah literasi anak sudah bagus, apakah gaya belajar anak itu hanya menonton, membaca, dan lainnya. Makanya harus dites terlebih dahulu agar diketahui kompetensinya," jelas Saryati kepada Cianjur Ekspres, Rabu 17 Juli 2024.

BACA JUGA:Tekankan Pengenalan Lingkungan, Disdikpora Cianjur Keluarkan SE MPLS

Menurutnya, asesmen awal penting dilakukan agar pihak sekolah atau para guru mengetahui metode pembelajaran yang akan diterapkan selama proses pembelajaran kedepannya.

"Melalui asesmen kita jadi tahu bahan bakunya seperti apa. Kalau mengandalkan dari rapor SD, kita tidak bisa mengetahui atau tidak kelihatan literasi anaknya," tuturnya.

Saryati mengatakan, saat melakukan asesmen, setiap siswa kelas VII akan diberikan lima bentuk soal, seperti yang diberikan kepada siswa IX.

BACA JUGA:Buka MPLS, Pesan Bey Machmudin: Tidak Ada Kekerasan dan Perundungan

"Cuma fase dan tingkatannya berbeda. Kalau soal untuk siswa kelas IX ada soal dari kelas IX, kalau untuk siswa kelas VII, soal yang diambil dari masa pembelajaran kelas V dan kelas VI," katanya.

Dengan demikian, lanjut Saryati, maka literasi anak akan kelihatan, apakah sudah bagus atau rendah. Oleh karenanya, segala program kegiatan, pembelajaran dan lainnya akan dilaksanakan berdasarkan hasil analisis tes tersebut.

"Kita akan genjot disitu, berdasarkan hasil tes. Namun yang paling utama bagi SMP Negeri 3 Cipanas adalah literasi, numerasi dan karakter," ujarnya.

BACA JUGA:Disarpusda Cianjur Rangsang Siswa PAUD Gemar Membaca

"Dengan harapan visi dan misi kita tercapai, yakni menjadi sekolah yang Religius, Sehat, Inovatif dan Berkarakter (Resik)," tambah Saryati.

Sumber: