Kenalkan Budaya Cianjur Lewat Pekan Kebudayaan dan Pariwisata Daerah

Kenalkan Budaya Cianjur Lewat Pekan Kebudayaan dan Pariwisata Daerah

Salah satu grup sanggar seni ikut memeriahkan pekan kebudayaan dan pariwisata daerah tingkat Kabupaten Cianjur.(Foto: CIANJUR EKSPRES)--

CIANJUR,CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Puluhan sanggar seni di Kabupaten Cianjur ikut memeriahkan pekan kebudayaan dan pariwisata daerah yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cianjur.

Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan, Susan Susilawati mengatakan, sekitar 10 sanggar seni diantaranya Sanggar Kutalaras, Sanggar Margaloka, Sanggar seni Puspa dan Sanggar Panghegar, turut serta dalam perhelatan pekan kebudayaan dan pariwisata daerah yang digelar dalam rangka Hari Jadi Cianjur (HJC) ke-347.

"Mereka di sini menampilkan tari-tarian daerah, menunjukkan maenpo, kemudian ada juga yang membawa keunikan khas mereka sendiri seperti seni lukis," katanya kepada Cianjur Ekspres, Rabu 14 Agustus 2024.

Menurut Susan, selain menyambut HJC ke-347. Pekan kebudayaan dan pariwisata daerah bertujuan untuk memotivasi insan muda sebagai generasi pembaharu untuk mengenal seni dan budaya yang dimiliki Kabupaten Cianjur.

BACA JUGA:Disbudpar Cianjur akan Gelar Pasar Rakyat dalam Pekan Kebudayaan 2024

BACA JUGA:Suasana Kampung Jaman Dulu, Pemkab Cianjur Libatkan Sejumlah OPD Kembangkan Kampung Budaya Padi Pandanwangi

"Kita berharap mereka mau masuk ke dunia seni dan ikut berperan dalam memperkenalkan budaya Cianjur," tuturnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cianjur, Asep Suparman mengaku sangat mengapresiasi acara pekan kebudayaan dan pariwisata daerah yang dilaksanakan rekan-rekan budayawan Cianjur.

"Pekan kebudayaan ini dikemas oleh teman-teman budayawan dalam menyambut Hari Jadi Cianjur ke-347, dengan menampilkan berbagai potensi dan kreasi yang mereka miliki," tutur Asep.

Asep berharap, kegiatan serupa bisa terus dilaksanakan dan semakin meriah serta lebih banyak para pegiat seni budaya yang turut berpartisipasi.

BACA JUGA:Disbudpar Cianjur Sebut Kunjungan Wisatawan ke Kampung Budaya Padi Pandanwangi Sepi

BACA JUGA:Usai Helaran Budaya, Pemandangan Sampah Berserakan Tampak di Taman Alun-alun Cianjur

"Kita berharap kedepannya bisa memperkenalkan seni budaya ke sekolah-sekolah, seperti memperkenalkan wayang dan lain sebagainya," ungkapnya.(mg1)

Sumber: