Harga Cengkeh Kering di Cugenang Cianjur Tembus Rp130 Ribu Per Kilogram

Harga Cengkeh Kering di Cugenang Cianjur Tembus Rp130 Ribu Per Kilogram

Cengkeh milik pengepul sedang dijemur di bawah terik matahari. Harga cengkeh kering tembus Rp130 Ribu per Kilogram di wilayah Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur. (Foto: DEDE SANDI MULYADI/CIANJUR EKSPRES)--

CIANJUR,CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Harga komoditi cengkeh kering di sejumlah pengepul di Kabupaten Cianjur, tembus Rp130 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp100 ribu per kilogram.

Sementara harga cengkeh basah Rp35 ribu per kilogram. Kondisi tersebut diperkirakan akan terus membaik seiring harga cengkeh kering yang sedang membaik.

"Tiga tahun sebelumnya harga cengkeh kering hanya Rp50 ribu per kilogram, sekarang sudah menembus Rp125-130 ribu per kilogram," kata Fatimah (58) seorang pengepul cengkeh di Kampung Balandongan, Desa Padaluyu, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, saat ditemui Cianjur Ekspres, Rabu 14 Agustus 2024.

Fatimah menjelaskan, tingginya harga cengkeh kering dikarenakan meningkatnya permintaan dari penampung dengan jumlah besar. 

BACA JUGA:Banyak Beredar Nomor dan Akun Palsu, BRI Himbau Nasabah Kenali Akun dan Kontak Resmi

BACA JUGA:Manfaatkan KUR, Warung Soeka Sukses Kembangkan Usaha Jadi Bakery Favorit di Sumenep

"Kalau saya biasanya menjual cengkeh kering ke bos bos besar atau penampung yang sudah berlangganan. Semakin banyak barang, biasanya harganya semakin naik," jelasnya.

Fatimah menuturkan, selain menampung dari para petani di wilayah Desa Padaluyu dan sekitarnya, Fatimah bersama suami yang sudah 40 tahun menggeluti usaha penampungan cengkeh kerap menerima kiriman cengkeh basah dan kering dari wilayah Sukabumi.

"Kalau sedang musim panen alhamdulillah dalam sehari bisa mendapatkan tiga kwintal cengkeh basah," ujarnya.

Untuk menghasilkan cengkeh yang berkualitas baik, lanjut Fatimah, dibutuhkan waktu empat sampai lima hari penjemuran, itupun tergantung kondisi cuaca, kalau cuacanya kurang bagus seperti sedang musim hujan, maka dibutuhkan waktu cukup lama.

BACA JUGA:Dapatkan Kopi Kekinian Hanya dengan Buka Tabungan Lewat Digital CS BRI

BACA JUGA:Pedagang Pasar Induk Cianjur Ancam Demo dan Mogok Bayar Retribusi, Ini Alasannya

"Kalau cuaca sedang panas seperti saat ini, cukup empat hari penjemuran. Kalau (musim) hujan bisa mencapai satu minggu bahkan lebih," kata Fatimah.

Fatimah mengungkapkan, tidak hanya buah cengkeh yang bisa dijual, tangkai dan daun cengkeh juga memiliki nilai ekonomis yang cukup lumayan tinggi. 

Sumber: