Jelang Pilkada Serentak 2024, Polres Cianjur Gelar Apel Pasukan Mantap Praja Lodaya 2024

Jelang Pilkada Serentak 2024, Polres Cianjur Gelar Apel Pasukan Mantap Praja Lodaya 2024

Bupati Cianjur, Herman Suherman didampingi Dandim 0608/Cianjur, Letkol Kav Yerry Bagus Merdianto dan Kapolres Cianjur, AKBP Rohman Yonky Dilatha saat mengecek pasukan Mantap Praja Lodaya dalam rangka pengamanan Pilkada 2024 Cianjur.(Foto: RIEKZAN RA/CIANJ--

CIANJUR,CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Bupati Cianjur, Herman Suherman didampingi Dandim 0608/Cianjur, Letkol Kav Yerry Bagus Merdianto dan Kapolres Cianjur, AKBP Rohman Yonky Dilatha memimpin apel gelar pasukan sinergitas TNI-Polri dan instansi terkait dengan sandi Mantap Praja Lodaya dalam rangka pengamanan Pilkada 2024 Cianjur, di halaman Polres Cianjur, Selasa 20 Agustus 2024.

Herman Suherman yang membacakan amanat Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Ahkmad Wiyagus mengungkapkan, Pilkada Serentak 2024 adalah bagian dari kemerdekaan rakyat untuk memilih pimpinan daerah.

“Sehingga perlu adanya jaminan keamanan agar tiap tahapan Pilkada 2024 dapat berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

Tim gabungan tersebut nantinya bertugas mencermati perkembangan situasi politik. Tantangan yang perlu diantisipasi yakni peningkatan suhu politik, kerawanan sosial politik yang menjurus ke arah polarisasi sosial, politisasi agama, politik identitas, politik uang, black campaign, isu SARA, dan potensi konflik antar pendukung peserta pemilu.

BACA JUGA:Polres Cianjur Musnahkan Ribuan Botol Miras dan Knalpot Brong Hasil KRYD

BACA JUGA:Satlantas Polres Cianjur Pasang Banner Larangan Knalpot Brong di Bengkel

“Demikian juga halnya dengan bentuk-bentuk kecurangan pilkada yang dilakukan penyelenggara maupun pihak terkait lainnya,” ujarnya.

Selain itu, pengamanan logistik pilkada, tahapan pilkada seperti kampanye hingga pemungutan dan perhitungan suara, agar mencermati hasil evaluasi Pemilu 2024 dari segala kelemahan dan kekurangan pada keamanan pilkada sebelumnya.

“25 September sampai 23 November 2024, akan dilaksanakan kampanye melalui pertemuan terbatas, tatap muka, penyebaran bahan kampanye, dan pemasangan alat peraga kampanye (APK), hingga puncaknya saat pemungutan suara mempunyai kerawanannya masing-masing,” ungkapnya.

Pasukan Mantap Praja Lodaya 2024 sendiri mengedepankan tindakan preventif dan preventif yang didukung kegiatan intelejen dan penegakan hukum sebagai wujud kesiapsiagaan Polri.

BACA JUGA:Anggota Polri Dilarang Masuk Tempat Hiburan, Wakapolres Cianjur: Kecuali dalam Rangka Tugas

BACA JUGA:Kapolres Cianjur Perintahkan Tembak di Tempat Geng Motor Bahayakan Warga

Terpisah, Kapolres Cianjur, AKBP Rohman Yonky Dilatha mengatakan, untuk operasi Mantap Praja Lodaya 2024, pihaknya mengerahkan 2/3 kekuatan dari total 960 personil.

"Kita kerahkan 2/3 kekuatan dari total personil kita, jadi kurang lebih ada 600 yang kita terjunkan untuk Operasi Mantap Praja Lodaya 2024," katanya.

Sumber: