Bupati Cianjur Minta Seluruh Perangkat Daerah Sukseskan Program Digitalisasi Satu Data

Bupati Cianjur Minta Seluruh Perangkat Daerah Sukseskan Program Digitalisasi Satu Data

Bupati Cianjur, Herman Suherman--

CIANJUR,CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Bupati Cianjur, Herman Suherman, meminta Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfo) serta seluruh perangkat daerah untuk mensukseskan program Digitalisasi Satu data

Pasalnya, kata Herman, program digitalisasi satu data masih menjadi pekerjaan rumah (PR) bersama. 

"Mulai dari saya, Pak Sekda para Asisten (Asda), Staf Ahli, Kepala OPD, Direktur, Camat dan jajarannya para kades bahkan sampai ke tingkat RT, semuanya harus terlibat dalam rangka mensukseskan program digitalisasi satu data," katanya di Pendopo Cianjur, Kamis 29 Agustus 2024.  

"Saya yakin kalau digitalisasi satu data kita bisa berhasil, saya yakin percepatan pelayanan kepada masyarakat akan lebih bagus lagi, akan lebih fokus lagi. Sehingga endingnya apa yang menjadi tujuan kita, Cianjur yang Mandiri Maju Religius Berakhlak Mulia akan cepat terwujud," sambung Herman. 

BACA JUGA:Pesan Bupati Herman ke Seluruh Pejabat Cianjur: Semua Harus Turun ke Lapangan Lihat Kondisi Masyarakat

BACA JUGA:Bupati Cianjur Lantik 49 Pejabat, Tegaskan Sesuai Aturan

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Diskominfo Kabupaten Cianjur, Gagan Rusganda, mengatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten Cianjur terus berupaya mewujudkan tata kelola satu data. Upaya itu tak terlepas agar ke depan bisa menghasilkan data berkualitas, akurat, dan mudah diakses.

Menurutnya, penatakelolaan data menjadi bagian tak terpisahkan dari pembangunan. Artinya, berbagai kebijakan yang diambil pemerintah tentunya harus berbasis data.

"Integrasi aplikasi dan digitalisasi satu data menjadi salah satu pekerjaan rumah yang mesti kita wujudkan," kata Gagan seusai dilantik menjadi Plt Kepala Diskominfo Kabupaten Cianjur di Ruang Garuda Pendopo Cianjur, Kamis 29 Agustus 2024. 

Bagi Gagan, upaya ini menjadi tantangan tersendiri. Terlebih, di tengah disrupsi teknologi dan informasi saat ini, tentunya kecepatan dan kemudahan akses data terhadap layanan di pemerintah sangat dibutuhkan.

"Ini juga sesuai keinginan pak Bupati. Pada setiap momen, pak Bupati menginginkan agar ke depan semua aplikasi di setiap OPD bisa terintegrasi. Tujuannya untuk memudahkan akses layanan publik kepada masyarakat. Jadi, Cianjur Satu Data ini lebih kepada pembenahan tata kelola data sehingga berbagai permasalahan yang terjadi bisa dideteksi dan diselesaikan," ucapnya. 

Gagan mencontohkan pada sektor pertanian misalnya. Dengan nanti adanya digitalisasi satu data, maka akan diketahui jumlah petani, luasan lahan pertanian, lahan sawah yang akan dipanen, ataupun yang belum ditanami.

"Jadi semua data berkaitan dengan sektor pertanian bisa diketahui secara akurat," ucap Gagan.

Sumber: