23 Desa di Cianjur Terdampak Kekeringan, Warga Ajukan Pembuatan Sumur Bor

23 Desa di Cianjur Terdampak Kekeringan, Warga Ajukan Pembuatan Sumur Bor

Ilustrasi-Kekeringan (Pixabay)--

CIANJUR,CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Bencana alam kekeringan yang melanda sebagaian besar wilayah Cianjur berdampak pada ketersediaan air bersih. Berbagai upaya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pokok bagi masyarakat tersebut.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik (KL) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Wangwang Kuswaya mengatakan, setidaknya ada 23 desa dari 13 kecamatan di Cianjur yang terdampak bencana kekeringan saat kemarau 2024.

Hal itu terlihat dari daftar usulan pembuatan sumur bor per 4 September 2024 dalam rangka penanganan dampak bencana kekeringan di Kabupaten Cianjur.

"23 desa dari 13 kecamatan tersebut adalah yang menyurat pada BPBD untuk meminta dibuatkan sumur bor. Ini penanganan jangka panjang di daerahnya kerap alami krisis air," kata Wangwang, Rabu 4 September 2024.

BACA JUGA:Jelang Musda ke-15, KNPI Cianjur Segera Buka Pendaftaran Calon Ketua

BACA JUGA:Tiga Calon Berebut Posisi Kordinator K5 Pasar Cipanas

Wangwang mengatakan dari total jumlah desa tersebut, terdapat 7.009 KK yang terdampak bencana kekeringan dengan jumlah jiwa hingga 21.707 jiwa.

Usulan tersebut nantinya diteruskan pada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Cianjur.

"Karena yang berwenang untuk pembuatan sumur bor ada di Perkim," ungkapnya.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cianjur, Asep Sukmana Wijaya menyebutkan, untuk penanganan sementara, pihak desa bisa bersurat pada Bupati Cianjur atau ke BPBD untuk penyaluran air bersih.

BACA JUGA:Klaim Jaminan Kehilangan Pekerjaan di Cianjur Meningkat, Ini Penyebabnya

BACA JUGA:Diberi Gerobak Baru Oleh Bupati Cianjur, Pedagang Batagor Ini Sujud Syukur

Nantinya, surat permintaan air bersih itu akan diteruskan ke perusahaan daerah air minum (PDAM), Palang Merah Indonesia (PMI) dan Perkim.

"Karena BPBD tidak memiliki truk tangki untuk air bersih," katanya.

Sumber: