Cianjur Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Porprov Jabar 2026, Butuh Stadion dan Sirkuit

Cianjur Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Porprov Jabar 2026, Butuh Stadion dan Sirkuit

Stadion Badak Putih penuh genangan saat pertandingan persahabatan Perkesit melawan Persib Legend. (Moch Nursidin/Cianjur Ekspres)--

CIANJUR, DISWAY.ID - Kabupaten Cianjur ajukan diri untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat pada 2026 mendatang. Namun Kota Santri butuh stadion hingga sirkuit agar layak menjadi tuan rumah. 

Ketua Harian KONI Cianjur Tendi Hidayat mengatakan, pihaknya tengah berjuang agar Kabupaten Cianjur menjadi tuan rumah gelaran Porprov 2026.

BACA JUGA:Hokky Caraka Cetak Hattrick, Indonesia Menang Telak 4-0 atas Timor Leste

"Kita masih ajukan untuk jadi tuan rumah, kita masih upayakan agar bisa segera dapat kepastian Cianjur jadi tuan rumah," kata dia, belum lama ini.

Menurut dia, agar Cianjur layak menjadi tuan rumah, fasilitas olahraga yang layak harus segera disiapkan, diantaranya stadion sepakbola.

Pasalnya stadion saat ini, yakni Stadion Badak Putih di Kelurahan Pamoyanan dinilai belum cukup layak, untuk kompetisi besar, terlebih sekelas Porprov. 

BACA JUGA:Vietnam Menang Besar Kontra Hongkong di Laga Perdana Kualifikasi Piala AFC U-20

"Memang harus ada fasilitas yang layak, mulai dari sarana setiap cabang olahraga, terutama untuk sepakbola dengan adanya stadion," kata dia. 

Dia mengatakan untuk pembangunan stadion harus mencari lokasi baru, sebab untuk lokasi saat ini berada di pusat perkotaan dengan tanah yang terbatas. Sehingga untuk pengembangan tidak mungkin dilakukan. 

"Butuh sekitar 200 hektare lahan untuk bangun stadion. Makanya Ketua KONI sedang komunikasi dengan Pemkab, untuk mencari lahan. Informasinya masih dicek lahan HGU perusahaan yang mau habis, karena kan kalau sudah habis 20 persennya harus jadi fasos dan fasum. Kalau sudah dapat yang cocok kita proses untuk penganggaran," tuturnya. 

BACA JUGA:Ridwan Kamil Targetkan Masjid Raya Al-Jabbar Desember Bisa Dipakai Salat

Tedi menuturkan Kabupaten Cianjur akan meminta bantuan anggaran dari Pemprov hingga Kemenpora untuk pembangunan fasilitas olahraga. 

"Kalau sudah pasti kita jadi tuang rumah, dari pemprov dan Kemenpora akan mendukung dari segi anggaran, jadi daerah pun tidak akan berat untuk membangun setiap fasilitas olahraga," kata dia. 

Di sisi lain, Ketua IMI Korwil Cianjur Deni Sunarya, mengatakan Cianjur juga butuh sirkuit jika memang akan menjadi tuan rumah Porprov 2026.

Sumber: