Astakira Cianjur Dukung Job Fair Khusus Pekerja Migran

Astakira Cianjur Dukung Job Fair Khusus Pekerja Migran

Caption Ketua DPC Asosiasi Tenaga Kerja Indonesia Raya (Astakira) saat pertemuan dengan Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Cianjur Endan Hamdani.(Ayis Sopiandi/Cianjur Ekspres)--

CIANJUR, CIANJUREKSPRES - Asosiasi Tenaga Kerja Indonesia Raya (Astakira) Pembaharuan Kabupaten Cianjur, mendukung rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur yang akan membuka lowongan kerja dengan cara menggelar jobfair untuk Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke luar negeri.

Ketua Astakira Cianjur Ali Hildan mengatakan, rencana pemerintah untuk kembali membuka lowongan kerja ke luar negeri khususnya di Arab Saudi perlu didukung. Sebab dapat mencegah pemberangkatan PMI secara nonprosedural.

BACA JUGA:Stok Beras Bulog Cianjur Aman Hingga Akhir Tahun

"Dengan adanya jobfair, pemberangkatan akan jelas secara formal atau prosedural. Ini akan mempersempit gerak dari oknum sponsor yang memberangkatkan PMI secara nonprosedural," kata dia, Kamis (15/9).

Ali mengatakan, apa yang akan dilakukan oleh pemerintah tersebut salah bentuk dalam menjalankan undang-undang no 18 tahun 2017 tentang perlindungan tenaga kerja migran. 

"Hal ini sebetulnya salah bentuk upaya dalam penanganan pengadvokasian terhadap PMI," katanya. 

BACA JUGA:Pemkab Cianjur Alokasikan Rp8 M untuk Bansos Hingga Subsidi BBM, F-PKB: Eksekusinya Harus Sesuai Tujuan Awal

Tetapi khusus untuk penempatan di Arab Saudi dan negara lain di timur tengah, Pemkab harus memperhatikan Kepmenaker no 260 tahun 2015.

"Harus ingat masih ada moratorium pemberangkatan PMI ke negara di Timur Tengah. Kalaupun ada pemberangkatan, hanya untuk sektor formal," kata dia.

Dia menambahkan, pelaksanaan job fair juga  bisa menjadi sarana informasi atau mensosialisasikan kepada calon PMI tata cara keberangkatan dan ketika berada negara penempatan. 

BACA JUGA:Pemkab Cianjur Alokasikan 2 Persen dari DAU dan DBH, Nilainya Rp8 M untuk Bansos Hingga Subsidi BBM

"Sosialisasi itu paling penting, sehingga masyarakat dan atau calon PMI ini benar-benar memahami tata cara sebelum berangkat ke Arab Saudi, atau negara lainnya," kata Najib. 

Sebelumnya Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Cianjur Endan Hamdani mengatakan, pihaknya akan bekerjasama dengan P3MI untuk membuka jobfair khusus keluar negeri seperti Arab Saudi. 

"Dalam waktu dekat ini, akan diupayakan menggelar jobfair bersama P3MI, hal tersebut untuk melihat sejauhmana antusias calon PMI, selain kami juga akan bersosialisasi tata cara keberangkatan bekerja ke luar negeri, jadi tak harus ke Arab saja melainkan negara Asia lainnya pun sama," tandasnya.

Sumber: