Tema, Logo dan Sejarah Peringatan Hari Santri 2022

Tema, Logo dan Sejarah Peringatan Hari Santri  2022

Tema, Logo dan Sejarah Peringatan Hari Santri 2022 (Kemenag.go.id)--

CIANJUR, CIANJUREKSPRES- Peringatan Hari Santri  tinggal menghitung hari, simak tema, logo dan sejarah Hari Santri 2022

Hari Santri diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Sebagai salah satu peringatan hari besar di Indonesia Hari Santri  memiliki sejarah yang erat kaitannya dengan perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia.

BACA JUGA:Ridwan Kamil Ciptakan Program Inovatif Dorong Masyarakat Taat Bayar Pajak

Hari Santri Nasional diperingati untuk mengenang jasa-jasa para kaum ulama dan santri dalam berjuang melawan penjajah asing.

Peringatan Hari Santri Nasional atau HSN ini tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 22 Tahun 2015 oleh Presiden Joko WIdodo (Jokowi). Penetapan Hari Santri dilakukan pada 15 Oktober 2015 di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Keppres tersebut ditetapkan dengan menimbang peran ulama dan santri saat memperjuangkan Kemerdekaan RI.

BACA JUGA:Viral TikTok! Makna Lirik Lagu Runtah -Doel Sumbang, Biwir Biwir Bereum Jawer Hayam

Sejarah Hari Santri Nasional

Ditetapkan pada tanggal 22 Oktober sebagai bentuk pengingat seruan Resolusi Jihad pada 22 Oktober 1945 oleh para santri dan ulama di berbagai penjuru daerah.

Dibawah pimpinan K.H Hasyim Asy'ari Resolusi Jihad mewajibkan setiap muslim untuk membela tanah air dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari para penjajah.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Agama (Kemenag), Pada 22 Oktober 1945, KH Hasyim Asy'ari memimpin perumusan fatwa 'Resolusi Jihad' di kalangan kiai pesantren. Fatwa yang ditetapkan pada 22 Oktober 1945 itu berisi kewajiban berjihad untuk mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia dengan melawan pasukan penjajah yang masih ada di Indonesia.

BACA JUGA:3 Amalan Maulid Nabi Muhammad SAW, Berlipat Pahala

Puncak perjuangan atas landasan jihad kebangsaan tersebut kemudian melahirkan peristiwa heroik pada 10 November 1945 di Surabaya. Peristiwa itu juga dikenal sebagai cikal bakal dan sebagai peringatan Hari Pahlawan.

Tema dan Logo Hari Santri 2022

Sumber: kemenag.go.id