Pemdes Sukamanah Cianjur Fokus Penuntasan Pembangunan Jalan Sepanjang 2,6 Kilometer

Sabtu 26-10-2024,20:21 WIB
Editor : Dede Sandi Mulyadi

CIANJUR,CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Sukamanah, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur,  masih akan fokus pada penuntasan pembangunan jalan desa sepanjang 2,6 kilometer pada tahun 2025.

Hal itu terungkap pada saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun 2025, Desa Sukamanah, Kecamatan Cugenang yang dilaksanakan di Bale Sawala Tani, Jumat (25/10).

"Di tahun 2025 kami akan tuntaskan infrastruktur jalan sepanjang 2,6 kilometer yang tersisa. Namun tetap tidak akan mengesampingkan yang lain seperti halnya pendidikan, kesehatan dan juga ketahanan pangan," kata Kepala Desa Sukamanah, Indra Surya Pradana kepada Cianjur Ekspres.

Menurutnya, selama ini mindset masyarakat menganggap jika berhasilan pembangunan desa itu jika jalan-jalannya dalam kondisi baik. Padahal tidak hanya seperti itu, pembinaan-pembinaan lainnya tetap harus dilakukan untuk mendukung keberhasilan pembangunan.

BACA JUGA:Polres Cianjur Tetapkan Oknum ASN Tersangka Pelanggaran Pidana Pemilu

BACA JUGA:DPMPTSP Cianjur Gelar Bimtek Akselerasi Nomor Induk Berusaha

"Untuk ketahanan pangan, kami ingin nantinya membeli gabah masyarakat, kemudian dijadikan beras. Setelah itu kita kembalikan kita jual kembali kepada masyarakat dengan harga yang lebih baik," kata Indra.

Camat Cugenang Robbi Erlangga mengungkapkan, terkait dengan program ketahanan pangan benar-benar outputnya dirasakan oleh masyarakat. "Selama ini masih ada yang kurang, bahkan masih ada yang menguap. Jelas sudah ada programnya harus ada outputnya. Jangan sampai menguap, desa memberikan anggaran harus berjalan dan dilaksanakan," ungkapnya.

Masyarakat kata Robbi, harus dilibatkan dalam setiap kegiatan pembangunan termasuk dengan program ketahanan pangan. "Hasilnya harus dirasakan dan masyarakat harus dilibatkan. Program desa dari pusat sampai daerah harus dirasakan oleh masyarakat. Terkait bantuan sosial harus tepat sasaran. Jangan sampai tingkat kemiskinan meningkat, jangan sampai keenakan masyarakat menerima. Bagaimana kita harus bisa memberdayakan masyarakat usia produktif, bisa melalui wadah BUMDES. Jangan hanya dibentuk saja tapi harus ada manfaatnya," tegasnya. (sri)

Kategori :