Tim RIMBA Terus Masuk ke Kampung-kampung Terdampak Gempa yang Jauh dari Pusat Kota Cianjur

Tim RIMBA Terus Masuk ke Kampung-kampung Terdampak Gempa yang Jauh dari Pusat Kota Cianjur

--

CIANJUR, CIANJUR EKSPRES - Tim Relawan Indonesia Pembela Alam ( RIMBA) berkolaborasi dengan para relawan dari WANADRI dan Volunteer Gunung Gede Pangrango ( MONTANA, GPO, PAL, EAGLE  Bogor) terus melakukan monitoring masuk ke kampung - kampung yang jauh dari pusat kota kecamatan yang terdampak Gempa Cianjur.

Tim RIMBA yang nge-pos di salah satu titik terdampak gempa di Desa Ciherang Kecamatan Pacet mendampingi ribuan jiwa warga yang mengungsi dari hari pertama di Kampung Buniaga. 

BACA JUGA:Bupati Cianjur Rekomendasikan UMK 2023 Naik 10 Persen

Selain itu anggota timnya melakukan penelusuran daerah-daerah perkampungan yang terdampak untuk memastikan kondisi warga yang terdampak ke desa-desa di tiga kecamatan Pacet, Sukaresmi dan Mande.

"Tahapan pertama yang kami lakukan memastikan perlindungan warga yang mengungsi aman dari hujan panas dan jauh dari reruntuhan bangunan yang terdampak, kedua memastikan pasokan makanan, mamastikan kondisi kesehatan warga, selanjutnya ketahapan pendataan berbagai informasi kondisi masyarakat seperti jumlah  penduduk bebagai usia," kata Ketua RIMBA Eko Wiwid dalam keterangan tertulisnya, Kamis (1/12/2022). 

BACA JUGA:13 Titik Pipa Utama Milik Perumdam Tirta Mukti Cianjur Rusak Akibat Gempa

Eko mengungkapkan, dengan melihat kondisi lapangan, masih banyak warga pengungsi yang belum mendapatkan tempat pengungsian darurat yang memadai di daerah -daerah yang jauh dari pusat kota. 

Maka Tim RIMBA secara mandiri melakukan berbagai upaya untuk memenuhi kebutuhan warga pengungsi di masa tanggap darurat bencana. 

BACA JUGA:Tak Ingin Ada Penumpukan, Bupati Cianjur Tinjau Gudang Logistik Bantuan Gempa

"Diantaranya mengelola berbagai sumbangan dari rekan, sahabat, teman dan mitra-mitra organisasi sukarelawan agar sampai secara langusung untuk kebutuhan utama warga di pengungsian," pungkasnya.

Sumber: