Diskuperdagin Cianjur Monitoring Harga dan Ketersediaan Bahan Pokok di Pasar

Diskuperdagin Cianjur Monitoring Harga dan Ketersediaan Bahan Pokok di Pasar

MONITORING: Diskuperdagin Cianjur melakukan monitoring harga dan ketersediaan kebutuhan pokok di Pasar Cipanas menjelang Nataru 2022-2023.(Ayi Sopiandi/Cianjur Ekspres)--

CIANJUR, CIANJUR EKSPRES - Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskuperdagin) Kabupaten Cianjur, melakukan monitoring harga kebutuhan bahan pokok di sejumlah pasar, salah satunya di Cipanas, Rabu (14/12). 

Monitoring ini dilakukan untuk memastikan harga bahan pokok dan ketersediaan jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022-2023. 

BACA JUGA:Bupati Sebut Korban Meninggal Akibat Gempa Cianjur Jadi 602 Jiwa

Sekretaris Diskuperdagin Kabupaten Cianjur, Wahyu Ginanjar mengatakan, kegiatan yang dilakukan sebagai bentuk pengecekan stok barang di beberapa pasar di Kabupaten Cianjur.

"Intinya kegiatan itu sebagai monitoring bahan kebutuhan pokok di sejumlah pasar untuk pengendalian harga dan ketersediaan bahan jelang Natal dan tahun baru," katanya. 

Wahyu mengatakan, ada dua tim yang melakukan monitoring kesiapan pasokan sembako di sejumlah pasar di Cianjur. 

BACA JUGA:Warga di Cianjur Perbaiki Jalan Kabupaten Gunakan Dana Patungan

"Untuk di pasar induk monitoringnya dilakukan oleh bupati, sedangkan untuk di Pasar tradisional Cipanas saya bersama tim lainnya," ucapnya. 

Menurutnya, dampak pascagempa masih terasa oleh pedagang di Pasar Cipanas, seperti masih kurangnya pengunjung yang datang. 

"Wajar saja, karena Cianjur belum lama ini diguncang gempa, jadi secara otomatis tingkat kunjungan pun akan berkurang, tapi seiringnya waktu pasti akan kembali pulih seperti biasa," kata Wahyu. 

BACA JUGA:Tinggal di Posko Pengungsian, Anak-anak SD Diajari Berhitung hingga Menggambar

Dia mengungkapkan, hasil monitoring didapati barang kebutuhan pokok yang paling banyak diminati pembeli diantaranya minyak goreng, beras, telur, dan bumbu dapur seperti bawang serta cabai.

"Untuk harga sekarang normal, seperti telur sekarang ini Rp32 ribu per kilogram, meski harga tomat sekarang lagi naik yakni Rp15 ribu," jelas Wahyu.

Sementara, Kepala UPTD Pasar Cipanas Widya Pratiwi mengatakan, kedatangan petugas yang terdiri dari unsur Kepolisian, Satpol PP serta Diskuperdagin Cianjur untuk melakukan atau pengecekan kesiapan pasar jelang libur Natal dan tahun baru nanti. 

Sumber: