DPMD Cianjur Dorong Kepala Desa Hindari Resiko dan Permasalahan

DPMD Cianjur Dorong Kepala Desa Hindari Resiko dan Permasalahan

Kabid Administrasi Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Cianjur, Dendi Rinaldi memberikan pembinaan dalam acara peningkatan kapasitas Kepala Desa dan Perangkat Desa, di Kecamatan Campaka dan Kecamatan Campakamulya, Sabtu 8 Juni--

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Cianjur, mendorong kepala desa dan pemerintah desa agar bisa memahami dan menghindari resiko akibat penyalahgunaan dan ketidaksesuaian administrasi.

"Jadi, sebelum terjadi pemasalahan atau sebelum terjadi penemuan, kita lakukan langkah-langkah preventif dengan cara melakukan pembinaan terhadap para kepala desa atau pemerintah desa," kata Kepala Bidang (Kabid) Administrasi Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Cianjur, Dendi Rinaldi kepada wartawan usai memberikan pembinaan dalam acara Peningkatan Kapasitas kepala desa dan Perangkat Desa, di Kecamatan Campaka dan Kecamatan Campakamulya, pada Sabtu 8 Juni 2024.

Menurutnya, pembinaan terhadap para kepala desa dan perangkat desa penting dilaksanakan agar mereka bisa mengukur resiko dari mulai perencanaan sampai pertanggungjawaban.

BACA JUGA:Dandim 0608/Cianjur Minta Generasi Muda Hindari Bahaya Narkoba

"Sebelum terjadi permasalahan dan sebelum terjadi temuan seperti penyalahgunaan dan ketidaksesuaian administrasi,  kita preventif," tuturnya.

Apabila dikemudian hari terjadi resiko-resiko atau pelanggaran, kata Dendi, maka pihaknya akan mengedepankan pendekatan pembinaan sebelum dilakukan penindakan.

"Untuk Kabupaten Cianjur yang memiliki 354 desa memang cukup besar terjadi resiko-resiko karena perbedaan pemahaman dan visi dan misi, sehingga harus terus dilakukan pendampingan agar desa terhindar dari permasalahan," katanya.

BACA JUGA:Sambut Idul Adha 1445 H, Musholla Ar-ridho Bagikan Ribuan Paket Sembako

Selain pendampingan hukum, tambah Dendi, dalam kegiatan ini, para kepala desa dan perangkat desa juga diberikan pembinaan mengenai pengelolaan keuangan desa, upaya peningkatan asli desa dan pendapatan asli daerah.

"Mudah-mudahan melalui kegiatan ini, pemerintah desa dan kepala desa bisa mengukur resiko sehingga bisa terhindar dari segala permasalahan," ungkapnya.

Kepala Desa Cidadap, Budiman, menuturkan, pembinaan para perangkat desa dan kepala desa mengenai administrasi dan pertanggungjawaban penting dilakukan agar para kepala desa bisa mengerti dan memahami tentang hukum dan administrasi sehingga realisasinya itu benar dan lengkap.

BACA JUGA:BPBD Cianjur Sebut Rp71 Miliar Dana Stimulan Gempa Tahap IV Bisa Dicairkan Pekan Depan

"Ini sangat penting bagi kami, agar kami bisa terhindar dari segala resiko dan permasalahan," katanya.

Sumber: