Hadapi Dampak Fenomena El Nino, Pemkab Cianjur Siapkan Langkah Antisipasi

Hadapi Dampak Fenomena El Nino, Pemkab Cianjur Siapkan Langkah Antisipasi

Ilustrasi-Dampak Fenomena El Nino. (Foto: Freepik)--

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Pemkab Cianjur telah melakukan antisipasi fenomena El Nino Gorila dengan menyiapkan ketahanan pangan yang cukup. Bahkan, ketika terjadi El Nino Gorila ketahanan pangan akan dikeluarkan dengan harga murah kepada masyarakat.

Seperti diketahui, fenomena El Nino diperkirakan akan menjadi ancaman bagi Indonesia. Bahkan El Nino berpotensi melebar menjadi Gorila El Nino.

El Nino disebut jadi penyebab fenomena kenaikan suhu yang ada di Indonesia. Ini diungkapkan dari kajian dan diskusi peneliti di Tim Variabilitas, Perubahan Iklim, dan Awal Musim Badan Riset dan Inovasi Nasional (TIVIPIAM-BRIN).

BACA JUGA:Kemenag Cianjur Lakukan Persiapan Jelang Pemulangan Jemaah Haji

Bahkan peristiwa kali ini diprediksi kian menguat dan menyerupai yang terjadi tahun 2015. Bisa juga menjadi jauh lebih ekstrem lagi.

Jika fenomena itu terjadi, Indonesia akan dilanda peningkatan kekeringan dan cuaca panas ekstrem.

Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan, Pemkab Cianjur sudah mempersiapkan berbagai langkah antisipasi untuk menghadapi dampak fenomena El Nino Gorila diantaranya dengan ketahanan pangan yang cukup.

BACA JUGA:Kapolsek Karangtengah Cianjur Juara 2 Lomba Menembak HUT Bhayangkara ke-78

"Saya sudah antisipasi dengan para kades, di situ ada dana ketahanan pangan, itu diarahkan untuk belanja ketahanan pangan dari masyarakat," katanya kepada Cianjur Ekspres, Senin 24 Juni 2024.

Bupati menjelaskan bahwa bahan pangan bisa disimpan dan dikeluarkan dengan harga yang murah kepada masyarakat jika memang terjadi El Nino.

"Apabila nanti terjadi El Nino Gorila bisa dikeluarkan. dengan prinsip membeli ke masyarakat harus mahal, menjual harus murah," jelasnya.

Sumber: