Relawan Turunkan Satu Ton Sampah dari Alun-alun Suryakencana Gunung Gede Pangrango

Relawan Turunkan Satu Ton Sampah dari Alun-alun Suryakencana Gunung Gede Pangrango

Relawan dari Basecamp (BC) Sauyunan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) saat melaksanakan operasi bersih (Opsih) dan berhasil mengumpulkan kurang lebih satu ton sampah di area Alun-alun Suryakencana. (Foto: IST)--

"Meskipun kita kerap lakukan opsih, perketat Check In Check Out, tapi kalau pendakinya tidak komitmen maka sampah akan terus ada di atas," kata dia.

Dia pun mengucapkan terima kasih pada BC Sauyunan karena telah melaksanakan opsih. Ke depannya, sebagai solusi pihaknya akan merangkul BC yang ada di sekitar Cibodas, Gunung Putri, dan Salabintana untuk mengatur pendaki, evakuasi, juga soal persampahan.

BACA JUGA:Ditemukan Ayahnya, Pemuda di Cibeber Gantung Diri di Pohon Karet

BACA JUGA:Tim Promosi Kesehatan RSUD Cimacan Gelar Penyuluhan Kepada Pasien dan Pengunjung

"Jadi semua berjalan efektif, BC lancar usahanya, TNGGP bisa menjalankan tugas mengamankan pendaki dan alamnya. Kita berjalan bersama," kata dia.

Untuk zona camping pihaknya telah membuat zona yang tidak boleh untuk mendirikan tenda, termasuk di sekitar pohon Edelweiss. 

"Tapi patok warna merah dan hijau yang kita buat kadang dipindahkan oleh pendaki. Kembali lagi pada kesadaran pendaki. Nah nantinya kita akan berdayakan personil BC yang punya pengalaman dan pengetahuan untuk membantu kita menjaga zonasi," kata dia.

Sumber: