Pemkab Cianjur Dapat Bantuan Beras 44,12 Ton Bagi Warga Terdampak Bencana di Sindangbarang dan Campaka

Pemkab Cianjur Dapat Bantuan Beras 44,12 Ton Bagi Warga Terdampak Bencana di Sindangbarang dan Campaka

Pemerintah Kabupaten Cianjur menerima bantuan 44,12 ton beras Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Senin (31/10/2022).(Herry Febriyanto/Cianjur Ekspres)--

CIANJUR, CIANJUR EKSPRES - Pemerintah Kabupaten Cianjur menerima bantuan 44,12 ton beras Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Senin (31/10/2022).

Puluhan ton beras tersebut akan disalurkan bagi warga terdampak bencana di Kecamatan Sindangbarang dan Campaka

BACA JUGA:Cuaca Ekstrem, Bupati Cianjur Imbau Waspada Bencana

Kecamatan Sindangbarang menerima bantuan beras sebanyak 39.195 kilogram dengan jumlah korban terdampak 1.244 KK (4.355 jiwa). Sedangkan Kecamatan Campaka menerima sebesar 4.932 kilogram beras dengan jumlah korban terdampak 166 KK (548 jiwa). 

"InsyaAllah hari ini akan diserahkan kepada camat dan kepala desa. Saya mohon ini tertib administrasi SPJ-nya by name by address harus dilaporkan ke pak gubernur. Saya mengucapkan terima kasih kepada pak gubernur telah membantu masyarakat Kabupaten Cianjur yang terkena bencana alam," ujar Bupati Cianjur Herman Suherman kepada wartawan di Pendopo Cianjur.

Sementara Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat drh. Suprijanto, menjelaskan, bantuan beras sebanyak 44.127 kilogram yang diserahkan merupakan cadangan pangan pemerintah daerah. 

BACA JUGA:Kapan akan Rekrut Anggota PPK? Ini Kata Ketua KPU Cianjur

"Jadi setiap pemerintah memang kita mengalokasikan cadangan untuk hal-hal seperti ini untuk jaga-jaga. Intinya jangan sampai terjadi kerawanan pangan di masyarakat," katanya.

Oleh karena itu, tegas Suprijanto, seperti yang disampaikan Bupati Cianjur pertanggungjawabannya by name by address. 

"Tapi ini adalah pasca bencana, pada saat bencana itu tanggungjawan BPBD. Jadi kalau misalkan di nominal (bantuan, red) sekitar Rp479 juta lebih yang disalurkan," katanya. 

BACA JUGA:Jadwal Pelayanan SIM Keliling Polres Cianjur Hari Ini, Senin 31 Oktober 2022

Lebih lanjut Suprijanto mengungkapkan, cadangan beras di Provinsi Jawa Barat saat ini 1.315 ton dikurangi bantuan yang disalurkan ke Pemkab Cianjur totalnya menjadi sekitar 1.271 ton beras untuk seluruh Jawa Barat bagi bencana dan keadaan darurat.

Camat Sindangbaran Indra Sunggara, mengungkapkan, beras bantuan tersebut akan disalurkan bagi warga yang terdampak bencana banjir di lima desa. Yakni, Desa Girimukti, Muaracikadu, Saganten, Sirnagalih dan Jayagiri. 

"Kita mendapatkan 39 ton (bantuan beras, red)," katanya. 

Sumber: