Optimalkan Penanganan Sampah, Pemdes Cimacan Cianjur Kerahkan 120 Petugas Pengelola Sampah

Jumat 17-05-2024,09:26 WIB
Reporter : Dede Sandi Mulyadi
Editor : Dede Sandi Mulyadi

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Pemerintah Desa (Pemdes) Cimacan, Kecamatan Cipanas, optimalkan peran petugas pengelola sampah rumah tangga yang ada di setiap kewilayahan, dengan cara mengakomodir keberadaan pengelola sampah.

Ini dimaksudkan agar peran pengelola sampah bisa lebih terorganisir dan dimaksimalkan dalam rangka membantu mengatasi masalah sampah yang saat ini sedang dihadapi pemerintah Kabupaten Cianjur.

Kepala Desa Cimacan Deden Ismail mengatakan, pengelola sampah yang berada di setiap kewilayahan dan keertean memiliki peran penting dalam membantu mengatasi sampah sehingga lingkungan bisa tetap bersih.

BACA JUGA:Itda Cianjur Canangkan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM

"Selama ini kan mereka (pengelola sampah) berjalan tanpa ada pengakuan, dan secara keikhlasan mereka sudah berjasa menjaga lingkungan agar tetap bersih, sehingga pantas apabila mereka mendapatkan perhatian," katanya kepada Cianjur Ekspres, Kamis 16 Mei 2024.

Maka dari itu, Menurut Deden, sudah semestinya pemerintah desa mengakomodir dan mengakui keberadaan mereka, sekaligus mengajak mereka untuk sama-sama membantu mengatasi masalah sampah yang ada wilayah Desa Cimacan.

"Kita sangat mengapresiasi jasa mereka. Oleh karenanya kita mengundang mereka ke desa untuk mendapatkan pengetahuan tentang cara pengelolaan sampah dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Cianjur," ujarnya.

BACA JUGA:29 Kades di Cianjur Terima SK Perpanjangan Masa Jabatan Selama 2 Tahun

Setelah mendapatkan pengetahuan dari DLH Cianjur, lanjut Deden, sebagai langkah awal para pengelola sampah yang berjumlah 120 orang akan bertugas mensosialisasikan bagaimana cara mengelola sampah yang baik terhadap masyarakat seperti membiasakan memilah sampah sebelum diambil oleh pengelola sampah. 

Karena yang terpenting adalah membangun kesadaran masyarakat dahulu seperti membiasakan memilah sampah sejak dari rumah. Dengan begitu, volume sampah yang  membludak bisa diatasi.

"Minimal, sampah kalau sudah dipilah sebagian bisa dijual, bisa dijadikan pupuk kompos, dan yang tidak bisa dimanfaatkan bisa dibuang ke tempat pembuangan akhir sampah," papar Deden.

BACA JUGA:Antisipasi Musim Kemarau, Desa Cikancana Cianjur Bangun Empat Sumur Bor

Dengan begitu, tambah Deden, sampah yang biasa menumpuk dibeberapa titik di wilayah Desa Cimacan bisa teratasi dan lingkungan masyarakat bisa tetap bersih.

"Mudah-mudahan dengan cara seperti ini, pemerintah Desa Cimacan dan para petugas pengelola sampah yang ada di setiap kewilayahan bisa ikut membantu mengatasi persoalan sampah yang sedang dihadapi Kabupaten Cianjur," tukasnya.

Kategori :