Pemkab Sekadau Pelajari Pengelolaan Data Mandiri Desa Cimacan Cianjur

Pemkab Sekadau Pelajari Pengelolaan Data Mandiri Desa Cimacan Cianjur

Kepala Desa Cimacan, Deden Ismail memberikan sambutan sekaligus menjelaskan program Desa Cimacan terhadap rombongan dari Kabupaten Sekadau, Provinsi Kalimantan Barat. (Foto: IST)--

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Pemerintah Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, menerima rombongan Pemerintah Kabupaten Sekadau, Provinsi Kalimantan Barat, dalam rangka studi terapan tentang pengelolaan tata kelola desa yang baik.

Rombongan sebanyak 120 orang yang terdiri dari Muspika kecamatan, para kepala desa dan anggota BPD se Kabupaten Sekadau dipimpin langsung oleh ketua Badan Permusyawaratan Desa Nasional (Abpednas) Provinsi Kalimantan Barat.

"Intinya dalam rangka peningkatan kapasitas bagi para kepala desa dan anggota BPD se Kabupaten Sekadau, terutama terkait dengan program digitalisasi desa dan data," kata Kepala Desa Cimacan, Deden Ismail kepada wartawan, Rabu 31 Juli 2024.

BACA JUGA:RSUD Sindangbarang Cianjur Akhirnya Diresmikan, Hari Ini Mulai Menerima Pasien

Deden menjelaskan, Desa Cimacan ditunjuk sebagai desa tujuan studi terapan dari Pemerintah Kabupaten Sekadau, karena Desa Cimacan termasuk sebagai salah satu desa digital.

"Alhamdulillah, Desa Cimacan sudah mendapat SK dari Kementerian Desa sebagai desa digital, sehingga direkomendasikan oleh Abpednas Provinsi Jabar sebagai desa tujuan studi terapan," jelasnya.

Selain terkait digitalisasi dan pelayanan, kata Deden, dalam kegiatan tersebut, pihaknya juga menjelaskan tentang data desa presisi, dimana Desa Cimacan memiliki data secara mandiri yang dianggap 98 persen update.

BACA JUGA:PLN UP3 Cianjur Bakal Tambah SPKLU Baru

"Salah satu materi yang menarik bagi mereka terutama terkait dengan data desa presisi yang dimiliki Desa Cimacan," tuturnya.

Selain Desa Cimacan, rombongan studi terapan dari Kabupaten Sekadau, sebelumnya mengunjungi tempat produksi padi pandanwangi yang ada di Jambudipa, Kecamatan Warungkondang.

 

 

 

Sumber: