Pemulihan Pascagempa, PKS Cianjur Adakan Kegiatan Layanan Dukungan Psikososial

Pemulihan Pascagempa, PKS Cianjur Adakan Kegiatan Layanan Dukungan Psikososial

DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Cianjur, mengadakan kegiatan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) bagi anak-anak di Kampung Sudi, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur pada Sabtu (10/12).(istimewa/PKS Cianjur)--

CIANJUR, CIANJUR EKSPRES - DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Cianjur, mengadakan kegiatan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) bagi anak-anak di Kampung Sudi, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur pada Sabtu (10/12). 

Kegiatan LDP yang dilakukan Tim PKS Kecamatan Cianjur dikemas mengajak anak-anak untuk bermain bersama dan mendengarkan dongeng bersama Kak Dini dan bonekanya yang lucu yaitu Boneka Wowo.

Anak-anak yang ditemani oleh beberapa orangtuanya diajak untuk bermain dan mendengarkan kisah tentang binatang "Siput dan Katak". 

BACA JUGA:Bupati Cianjur Sebut Korban Meninggal Akibat Gempa Capai 600 Jiwa

Sebanyak 120 lebih anak-anak mengikuti kegiatan dengan antusias dan diakhiri dengan foto bersama dan pembagian bingkisan makanan ringan. 

Warga berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan kembali untuk mengisi kegiatan mereka agar tidak terlalu bosan di tenda pengungsi.

Ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Pangan DPD PKS Cianjur, R. Ela Layla Mardiyah, menjelaskan, kegiatan sekarang ini lebih ke pemulihan para pengungsi, karena belum diketahui masa pemulihan akan sampai kapan. 

BACA JUGA:Prabhu Indonesia Jaya Ingatkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur Sesuai Peruntukan dan Tepat Sasaran

"Kegiatan LDP ini lebih tepatnya bukan trauma healing dimana anak-anak atau ibunya orang dewasa yang memang mereka itu trauma pada kondisi gempa. Jadi lebih tepatnya layanan dukungan psikososial, jadi lebih bagaimana anak-anak itu tidak jenuh, tidak trauma," katanya, Senin (12/12/2022).

Menurutnya, melalui kegiatan LDP tersebut mereka diberikan pembinaan supaya lebih tenang, sabar dna ikhlas sambil menunggu dan mengupayakan mendirikan hunian tetap sementara (huntara) untuk mereka. 

"Jadi LDP ini untuk dewasa juga, ibu dan bapaknya," jelas Ela. 

BACA JUGA:Bantuan Dana Gempa Rentan Dikorupsi, Anggota DPRD Cianjur: Perlu Pengawasan Berjenjang dan Berlapis

Ela mengungkapkan, kegiatan LDP dilaksanakan di lokasi yang paling terdampak gempa. "Jadi mereka yang memang tidak bisa pulang ke rumahnya karena hancur, terutama itu," ucapnya. 

Kegiatan LDP ini bukan hanya melibatkan relawan dari Cianjur saja, namun ada dari kota dna kabupaten lain yang ikut membantut. Seperti Depok, Bandung, Bogor dan Tangerang. 

Sumber: