Soal Chiki Ngebul, Dinkes Cianjur Sebarkan Surat Edaran Kewaspadaan ke Puskesmas

Soal Chiki Ngebul, Dinkes Cianjur Sebarkan Surat Edaran Kewaspadaan ke Puskesmas

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur Irvan Nur Fauzy--

CIANJUR, CIANJUREKSPRES - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur sudah menyebarkan surat edaran kewaspadaan kepada seluruh Puskesmas terkait kasus keracunan akibat chiki ngebul (Cikibul) yang terjadi di sejumlah daerah di Jawa Barat. 

"Pelaporan chiki ngebul memang kalau Jawa Barat di Tasikmalaya ya, kita dapat informasi itu lalu Kemenkes membuat edaran, lalu provinsi (Dinkes Jabar,red) dan kita sudah menyebarkan edaran kewaspadaan sifatnya," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur, dr Irvan Nur Fauzy kepada Cianjur Ekspres di Desa Cibulakan, Kecamatan Warungkondang, belum lama ini. 

BACA JUGA:Kasus Chiki Ngebul, Dinkes Jabar Siapkan Surat Edaran Khusus Kewaspadaan Makanan Bernitrogen

Menurut Irvan, nitrogen cair yang terdapat dalam chiki ngebul bersifat korosif sehingga dapat mengganggu saluran pencernaan. 

"Bahkan fatalnya terjadi perforasi atau robek dari saluran cerna dan itu yang diwaspadai," katanya. 

Irvan menegaskan, pihaknya sudah menyebarkan surat edaran di puskemas-puskesmas dan lebih ke pelaporan kasus sesuai dengan apa yang diisntruksikan. 

BACA JUGA:Pipa Usang Milik Perumdam Tirta Mukti Cianjur Sepanjang 6 Kilometer akan Diganti Baru

"Kita mapping dulu, kewaspadaan saja. Jadi kalau ditemukan di lapangan kejadian, kita sampaikan itu sebagai suatu kejadian luar biasa," ucapnya. 

Lebih lanjut Irvan mengatakan, pihaknya akan mengecek apakah surat edaran kewaspadaan tersebut sudah sampai ke sekolah-sekolah. 

"Kalau saran kami dengan keadaan seperti ini, lebih baik kita lebih waspada saja, mencari makanan yang memang lebih bergizi, lebih aman," pungkasnya. 

Sumber: