Bupati Cianjur Imbau Masyarakat Waspada Kekeringan dan Kebakaran di Musim Kemarau

Bupati Cianjur Imbau Masyarakat Waspada Kekeringan dan Kebakaran di Musim Kemarau

Bupati Cianjur, Herman Suherman. --

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Bupati Cianjur, Herman Suherman mengimbau masyarakat untuk waspada menghadapi musim kemarau tahun ini. Terutama antisipasi terjadinya kekeringan di sektor pertanian dan kebakaran.

"Terutama khusus untuk pertanian kita ada program embung-embung air yang dibangun melalui dana desa, maupun pemerintah kabupaten dan provinsi. Tidak lain dalam rangka mengantisipasi terjadinya kemarau panjang,"  ujar Bupati kepada wartawan di Pendopo Cianjur, Kamis (1/6/2023). 

BACA JUGA:Dinas PUTR Cianjur Sebut Revisi Perda RTRW Menunggu KLHS

Bagi desa yang belum menyiapkan embung air untuk sektor pertanian, Herman meminta melakukan antisipasi dengan mengganti model tanaman yang bisa tahan pada musim kemarau. Contohnya, sawah tadah hujan setelah panen jangan menanam padi tapi kacang-kacangan.

BACA JUGA:Gerindra-PKB Cianjur Bertemu Bahas Pilpres 2024, Ganjar Ramadhan: Tunggu Instruksi Bikin Sekretariat Bersama

"Kita utamakan bagi desa-desa yang ada sumber mata air, kita buatkan embung-embung karena dari anggaran DD (Dana Desa) sangat dimungkinkan membuat embung-embung," ucapnya.

BACA JUGA:Bertemu Partai Gerindra, PKB Siap Menangkan Prabowo-Gus Muhaimin di Cianjur

Lebih lanjut Herman pun mengingatkan masyarakat terjadinya potensi kebakaran baik hutan, rumah dan sebagainya pada musim kemarau.

"Hati-hati saat musim kemarau ini, listrik pun sama harus di cek instalasi listrik sehingga kita antisipasi," tandasnya.

Sumber: