Dinkes Cianjur Minta Lahan Luas Milik Puskesmas Dijadikan Taman Lansia

Dinkes Cianjur Minta Lahan Luas Milik Puskesmas Dijadikan Taman Lansia

Bupati Cianjur Herman Suherman meresmikan Taman Lansia Puskesmas Cijagang, Desa Cijagang, Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur. (Foto: MOCH NURSIDIN/CIANJUR EKSPRES)--

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Cianjur, Yusman Faisal meminta seluruh puskesmas yang memiliki lahan luas agar menyediakan taman lansia seperti halnya di Puskesmas Cijagang, Kecamatan Cikalongkulon. 

"Itu dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan lansia," kata Yusman  kepada wartawan, Kamis 11 Juli 2024.

Menurut Yusman, Taman Lansia Puskesmas Cijagang merupakan salah satu inovasi dari Kepala Puskesmas Cijagang, sehingga mudah-mudahan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

BACA JUGA:RIMBA Soroti Persoalan Pengelolaan Sampah di Kawasan Situs Gunung Padang Cianjur

"Setidaknya setelah melihat suasana yang berbeda, bisa menentramkan hati para pasien yang datang ke puskesmas, kemudian menimbulkan pikiran yang positif," tuturnya.

Yusman mengungkapkan, gagasan taman lansia ini akan diekpose ke semua puskesmas, agar puskesmas yang memiliki taman yang luas bisa memanfaatkannya untuk menyediakan taman lansia.

"Ada beberapa puskesmas yang memiliki lahan luas, tapi pemanfaatannya belum maksimal," ujarnya.

BACA JUGA:671 ASN Pemkab Cianjur Masuk Masa Pensiun

Terpisah, Kepala Puskesmas Cijagang, Utari Doriomas, mengatakan, Taman Lansia Puskesmas Cijagang didirikan di atas lahan seluas 700 meter. Pengerjaannya dilakukan selama tiga bulan dan selesai pada Maret 2024.

"Tujuannya untuk mengapresiasi kehadiran masyarakat kaum lansia dalam pembangunan negara, dan sesuai dengan amanah Perpres Nomor 88 Tahun 2021 Tentang Strategi Nasional ke Lanjut Ssiaan," katanya.

Menurut Utari, para lansia harus bahagia, sejahtera, mandiri, dan bermartabat, sesuai hari ulang tahun lansia pada 29 Mei 2024 kemarin. "Lansia Sehat Indonesia Bermartabat". 

BACA JUGA:Cerita Unik Petugas Pantarlih Cantik Sukanagara, Coklit di Kuburan Hingga Diajak Nikah

"Amanat dari Bupati juga sudah jelas untuk meningkatkan masa hidup para lansia," ujarnya.

Utari menambahkan, kegiatan penunjang pendirian taman lansia diantaranya senam, pemeriksaan dari RS Hasnamedika dan Kimia Farma serta kegiatan lainnya. 

Sumber: