Kantongi SK TPPK, Disdikpora Cianjur Gencarkan Sosialisasi Pencegahan Kekerasan di Sekolah

Kantongi SK TPPK, Disdikpora Cianjur Gencarkan Sosialisasi Pencegahan Kekerasan di Sekolah

Kepala Disdikpora Kabupaten Cianjur, Ruhli Solehudin--

CIANJUR,CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Cianjur, terus melakukan berbagai upaya untuk mencegah kasus kekerasan di lingkungan pendidikan. Bahkan, Disdik sudah mempunyai SK tindak pencegahan dan penanganan kekerasan (TPPK).

Kepalal Disdikpora Kabupaten Cianjur, Ruhli Solehudin, mengatakan, sesuai dengan program kerja Disdikpora Kabupaten Cianjur dan Pemkab Cianjur, dalam hal ini bupati dan Forkopimda, bahwa pihaknya sudah memiliki SK TPPK.

"Otomatis dengan adanya SK tersebut kita akan melaksanakan sesuai dengan tupoksinya masing-masing, seperti Forkopimcam, pemerintah desa hingga Bhabinsa serta Bhabinkamtibmas," katanya kepada Cianjur Ekspres, Minggu 13 Oktober 2024.

Untuk penanganan, lanjut Ruhli, pihaknya sudah melakukan sosialisasi pencegahan kepada pemangku kepentingan, seperti kepada para kepala sekolah.

BACA JUGA:Soal Jenis Makanan Bergizi Gratis, Disdikpora Cianjur: Ditentukan Oleh Dinas Kesehatan

BACA JUGA:SD Negeri Trikarya Cipanas Dorong Siswa Ikuti Ekskul Bola Voli

"Selain itu, kita menitip beratkan terhadap pembelajaran, seperti dimasukan pada kegiatan ekstrakurikuler yang lebih bermanfaat untuk anak-anak didik kita," ujarnya.

Kemudian selanjutnya, sebagai tatar kota santri, selain keilmuan pengetahuan tekhnologi, pihaknya pun menanamkan tentang keimanan atau ketakwaan. 

"Kita juga melibatkan pihak eksternal, seperti orang tua, tokoh agama, dan komite sekolah. Karena bagaimanapun, ini tanggung jawab kita bersama," katanya.

"Dengan berbagai upaya itu, minimal kita telah memberikan pemahaman kesadaran kepada masyarakat, dengan harapan tidak ada lagi kasus kekerasan di sekolah," tambahnya.

Sumber: