4.200 Guru Lolos Seleksi Administrasi PPG , Disdikpora Cianjur: Pemanggilan Peserta Baru 1.377 Guru

4.200 Guru Lolos Seleksi Administrasi PPG , Disdikpora Cianjur:  Pemanggilan Peserta Baru 1.377 Guru

Kantor Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Cianjur. (Dok/CIANJUR EKSPRES)--

CIANJUR,CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Cianjur menyebut dari sebanyak 4.200 guru yang dinyatakan lolos seleksi administrasi program pendidikan profesi guru (PPG), baru 1.377 guru yang sudah ada pemanggilan peserta di tahap pertama.

Kabid GTK Disdikpora Kabupaten Cianjur, Wawan Sutiawan, melalui Pelaksana Bidang GTK yang membidangi Sertifikasi Guru, Rizal Miajudin mengatakan, untuk PPG kemungkinan di 2024 memang sudah ada pemanggilan peserta sebanyak 1.377 Guru, dari total 4.200 Guru yang sudah dinyatakan lolos seleksi administrasi 2023.

"Jadi untuk 2024 ini tidak ada lagi seleksi tetapi berdasarkan seleksi tahun 2023, dan untuk pemanggilan peserta sendiri kemungkinan kalau dari pusat akan ada tiga gelombang," katanya kepada Cianjur Ekspres, Senin 12 Agustus 2024.

BACA JUGA:Siswa SMKS Al-Ittihad Cianjur Produksi Yogurt, Cuka dan Sabun

"Sekarang baru tahap pertama sampai dengan Oktober, nanti untuk pemanggilan kedua dan ketiga akan ada lagi oleh pusat," ujarnya.

Wawan menjelaskan, untuk persyaratan PPG secara umumnya memiliki ijazah S1, kedua sudah terdaftar di Dapodik, ketiga guru tersebut sudah mengabdi beberapa tahun. 

Begitupun dengan jam mengajarnya, untuk PPG tidak ada penekanan tertentu harus berapa jam, hanya saja yang penting guru tersebut sudah berijazah S1.

BACA JUGA:Disdikpora Cianjur Akui Ketersediaan Ruang Kelas Belum Tercukupi

"Yang tidak lolos PPG kemungkinan kalau untuk validasi kemungkinan sifatnya mandiri. Artinya mandiri itu yang pertama pemanggilan peserta langsung oleh pusat melalui SIM PKB, kemudian nanti peserta mengupload yang diminta oleh pusat, dan validasinya pun langsung oleh pusat sendiri," jelasnya.

Jadi, lanjut Wawan, jika ada yang tidak lolos kemungkinan ada beberapa kriteria yang tidak terpenuhi dibeberapa berkas tersebut. Sementara itu, setelah lolos seleksi administrasi tahun 2023, tinggal menunggu pemanggilan saja. 

"Itu inginnya proyeksi pusat, inginnya guru yang sudah terdaftar di Dapodik dan sudah lolos seleksi administrasi tahun 2023, itu akan di PPG kan Semua. Itu proyeksi pusat," kata Wawan.

BACA JUGA:Khawatir dengan SDM Cianjur, UNPI Gelar Diskusi Pendidikan

"Cuma kita masih menunggu apakah itu terealisasi, rencana dan jadwal sih mudah-mudahan terealisasi untuk yang sudah lolos seleksi administrasi," sambungnya.

Dia mengungkapkan, untuk PPG di Kabupaten Cianjur pada tahun tahun ke belakang yang menjadi syarat utamanya adalah SK dari kepala daerah. 

Sumber: