Peran Sentral Kiai dalam Pembangunan Akhlak dan Moral Masyarakat

Peran Sentral Kiai dalam Pembangunan Akhlak dan Moral Masyarakat

Bupati Cianjur Herman Suhermaan saat silaturahmi dengan Forum Kiai Kampung. --

CIANJUR,CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID -Dalam suasana penuh keakraban dan semangat kebersamaan, Forum Kiai Kampung Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur menggelar silaturahmi bersama Bupati Cianjur, Herman Suherman di Pondok Pesantren Al-Asnawiyyah, Kampung Wangun RT 01/RW 03, Desa Bunikasih, Kecamatan Warungkondang, Rabu 21 Agustus 2024. 

Kegiatan ini menjadi momentum penting untuk membahas peran besar para kiai dalam pembangunan akhlak dan moral masyarakat serta mengumumkan program pemerintah daerah yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para kiai di Kecamatan Warungkondang.

Kegiatan ini dimulai dengan penampilan marawis dari para santri Pondok Pesantren Al-Asnawiyyah yang menghangatkan suasana dengan lantunan syair-syair Islami. 

Sambutan yang penuh semangat ini mendapat apresiasi dari seluruh hadirin, menciptakan suasana kegembiraan yang menggambarkan kedekatan antara ulama, santri, dan masyarakat.

BACA JUGA:Apdesi Cianjur Minta Kades dan Perangkatnya Jaga Netralitas di Pilkada 2024

BACA JUGA:Munas Setujui Bahlil Lahadalia jadi Ketum Golkar Periode 2024-2029

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan prosesi tawasul yang dipimpin oleh KH. Dadang Faried, seorang ulama terkemuka di Cianjur. Tawasul ini dilaksanakan dengan penuh khidmat, memperkuat rasa kebersamaan dan harapan agar setiap langkah pembangunan selalu diberkahi oleh Allah SWT.

Bupati Cianjur, Herman Suherman, menegaskan, betapa pentingnya peran kiai dalam membimbing dan mencerdaskan masyarakat. 

“Para kiai adalah tiang-tiang penyangga moralitas dan spiritualitas dalam kehidupan kita. Mereka berperan penting dalam menjaga keharmonisan dan ketentraman di tengah masyarakat,” ujar Herman dengan penuh penghargaan.

Herman juga mengumumkan inisiatif pemerintah daerah dalam mendukung kesejahteraan para kiai di Kecamatan Warungkondang. 

“Pemerintah berkomitmen untuk memberikan insentif dan jaminan kesehatan bagi para kiai dan keluarganya. Kami akan menyediakan kartu khusus yang memastikan mereka mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit pemerintah dan puskesmas. Ini adalah bentuk apresiasi kami terhadap dedikasi mereka,” jelasnya dengan penuh keyakinan.

Antusiasme ratusan kiai dari Kecamatan Warungkondang yang hadir dalam acara ini sangat terasa, menunjukkan dukungan mereka terhadap program-program pemerintah dan peran mereka dalam kehidupan masyarakat. 

Diskusi yang berlangsung hangat menghasilkan berbagai masukan berharga bagi pemerintah daerah dalam merumuskan kebijakan yang lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Herman pun mengajak seluruh elemen masyarakat, terutama para kiai untuk terus mendukung dan berpartisipasi aktif dalam program-program pembangunan. 

Sumber: