Lestarikan Seni Sunda , Kecamatan Sukaresmi Gelar Lomba Tari Jaipong

Lestarikan Seni Sunda , Kecamatan Sukaresmi Gelar Lomba Tari Jaipong

Peserta lomba tari jaipong tingkat Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, memperlihatkan kemampuannya dihadapan para juri dan penonton.(Foto: DEDE SANDI MULYADI/CIANJUR EKSPRES)--

CIANJUR,CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID - Dalam rangka melestarikan seni budaya Sunda, warga Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, antusias mengikuti lomba tari jaipong yang diinisiasi Pemerintah Kecamatan Sukaresmi, Selasa 13 agustus 2024.

Selain untuk melestarikan, lomba tari jaipong digelar dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-79 tahun 2024. "Alhamdulillah masyarakat sangat antusias mengikuti lomba tari jaipong, terlihat dari jumlah pendaftar yang cukup banyak," kata Ketua PHBN tingkat Kecamatan Sukaresmi, Engkus Kusnadi, kepada Cianjur Ekspres, Selasa 13 Agustus 2024.

Kusnadi menjelaskan, lomba tari jaipong dibuka untuk kategori umum, mulai dari pelajar, anggota sanggar hingga masyarakat. "Tujuannya tiada lain untuk melestarikan seni budaya Sunda dan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-79," jelasnya.

Selain untuk memeriahkan HUT RI ke-79, lanjut Kusnadi, lomba tari jaipong digelar bertujuan untuk mencari bibit-bibit sekaligus menjembatani para penari jaipong untuk eksis ke tingkat yang lebih tinggi.

BACA JUGA:Meriahkan HUT RI ke-79, Warga Sukaluyu Cianjur Sulap Gang jadi Terowongan Bendera Merah Putih

BACA JUGA:HUT ke-65 Yayasan Mardi Waluya, Ratusan Warga Desa Sindangjaya Antusias Ikuti Pengobatan Gratis

"Mudah-mudahan melalui kegiatan lomba tari jaipong, seni budaya Sunda seperti tari jaipong bisa tetap lestari, karena sebagaimana kita tau seni budaya Sunda sudah mulai pakem," ujarnya.

"Insya Allah kegiatan serupa akan kita gelar setiap tahun, agar tari jaipong tetap lestari," tambah Kusnadi.

Camat Sukaresmi Latip Ridwan mengatakan, berbagai kegiatan dan perlombaan sudah dipersiapkan untuk memeriahkan HUT RI ke-79, seperti lomba senam, turnamen sepak bola mini, dan lomba-lomba tradisional lainnya.

"Kegiatan perlombaan berlangsung sejak tanggal 13 hingga 18 Agustus. Sementara acara puncak akan dilaksanakan di tingkat kabupaten pada acara helaran budaya," tukasnya.

Sumber: