Herman Suherman Siapkan Program Kredit Usaha Tanpa Bunga di Kabupaten Cianjur

Herman Suherman Siapkan Program Kredit Usaha Tanpa Bunga di Kabupaten Cianjur

Bupati Cianjur, Herman Suherman saat melihat proses pembuatan sapu ijuk di Desa Cikondang, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, kemarin (17/9/2024).--

CIANJUR,CIANJUREKSPRES.DISWAy.ID - Bupati Cianjur Herman Suherman, mengunjungi beberapa UMKM di Desa Cikondang, Kecamatan Cibeber dan mendengarkan langsung permasalahan dan aspirasi mereka pada pemerintah agar dapat mengembangkan usaha. 

Salah satu pelaku usaha yang ditemui Herman adalah Ajid Salim, pengusaha sapu ijuk. Ajid mengaku sudah sekitar 15 tahun menggeluti usaha sapu ijuk. 

Bahan baku ijuk biasa ia dapatkan dari daerah Cianjur selatan seperti dari Kadupandak, Pagelaran, dan Sukanagara, kadang sampai ke Sukabumi. 

" Bahan baku mah banyak, yang penting ada uangnya saja buat modal belinya," kata Ajid, Selasa 17 September 2024.

BACA JUGA:Dua Pelajar Asal Kota Bandung Tenggelam di Pantai Cemara Cidaun

BACA JUGA:Terapkan Satu Arah, Arus Lalu Lintas di Jalur Puncak Kembali Lancar  

Untuk produk jadi sapu ijuk, kapasitas produksi Ajid bisa mencapai 1.000 sapu. Dengan jumlah pengrajin 10 sampai 11 orang.

"Per orang dapat antara 70 sampai 100 sapu perhari. Kalau ibu-ibu biasanya paling 70 karena waktunya terbatas sambil ngurus keluarga," jelasnya. 

Pasarnya, dia biasa mengirim seminggu sekali ke Jakarta. Ajid mengaku tidak terlalu kesulitan untuk pemasaran, karena sudah tahu harus memasarkan kemana saja. 

" Kalau pemasaran mah sudah tahu 'lobangnya' sudah banyak. Tapi untuk sekarang kapasitas pengerjaanya baru mampu segini, karena masalah modal," katanya.  

BACA JUGA:Ribuan Kendaraan Terjebak Macet Hingga Belasan Kilometer di Jalur Puncak

BACA JUGA:Bupati Cianjur Minta PMR jadi Ajang Pelatihan Kepekaan Sosial Siswa

Ajid bahkan mengaku pernah menyuplai untuk kebutuhan ekspor ke Taiwan selama delapan tahun, namun kemudian putus. 

" Kalau ekspor itu bukan dalam bentuk sapu, tapi ikatan ijuk panjang yang sudah bersih ini," ujarnya sembari menunjuk contoh produknya. 

Sumber: